Wasila, Wasila (2025) PARTISIPASI MASYARAKAT MELALUI SEKOLAH EYANG SEGAR DI DESA SUMBER LESUNG KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
WASILA (buat sidang) REVISI FINISHING.pdf Download (3MB) |
Abstract
Wasila, 2025: Partisipasi Masyarakat Melalui Sekolah Eyang SEGAR di Desa
Sumber Lesung, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember
Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Lansia, Sekolah Eyang SEGAR
Meningkatnya jumlah lansia di struktur penduduk Indonesia berpengaruh
pada rasio ketergantungan penduduk lansia. Lansia tidak hanya sebagai objek
dari pembangunan tetapi juga berperan sebagai subjek yang berkontribusi
langsung dalam menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapai. Sekolah Eyang
SEGAR (Sehat dan Bugar) sebuah pendidikan non formal berbasis komunitas
berfungsi sebagai komunitas bagi lansia di Ledokombo. Peran serta masyarakat
sangat penting untuk menjaga keberlangsungan Sekolah Eyang SEGAR sebagai
upaya mendukung kesejahteraan lansia. Semakin tinggi partisipasi masyarakat,
maka semakin besar pula daya tarik dan keberlanjutan program tersebut.
Fokus dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana bentuk partisipasi
masyarakat melalui Sekolah Eyang SEGAR Desa Sumber Lesung Kecamatan
Ledokombo Kabupaten Jember? (2) Apa saja hambatan partisipasi masyarakat
melalui Sekolah Eyang SEGAR Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo
Kabupaten Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk partisipasi
masyarakat melalui Sekolah Eyang SEGAR Desa Sumber Lesung Kecamatan
Ledokombo Kabupaten Jember. (2) Mengetahui hambatan partisipasi masyarakat
melalui Sekolah Eyang SEGAR Desa Sumber Lesung Kecamatan Ledokombo
Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan untuk teknis menganalisa data penelitian ini
menggunakan teknis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam partisipasinya, terdapat
beberapa bentuk partisipasi yang dilakukan beberapa masyarakat Sekolah Eyang
SEGAR, seperti partisipasi pikiran, partisipasi tenaga, partisipasi keahlian,
partisipasi uang, serta partisipasi barang. Hambatan internal meliputi kondisi fisik
lansia yang menurun, sering sakit, serta keterbatasan energi karena faktor usia.
Selain itu, tanggung jawab mengasuh cucu dan tugas rumah tangga juga membuat
beberapa peserta kesulitan untuk hadir secara rutin. Sedangkan Hambatan
eksternal mencakup jauhnya jarak ke lokasi kegiatan, tidak ada transportasi, serta
kurangnya dukungan dari sebagian masyarakat luar yang sibuk bekerja atau belum
memahami pentingnya kegiatan Sekolah Eyang SEGAR
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | WASILA WASILA |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 15:21 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 15:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |