Halik, Moh Abd (2025) Analisis Penggunaan Metaverse Sebagai Platform Dakwah Era Society 5.0 di Masjid Istiqlal Jakarta. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Tesis Moh Abd Halik lengkap ok.pdf Download (2MB) |
Abstract
A B S T R A K
Kata Kunci: Dakwah, Metaverse, Era Society 5.0
Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang dakwah Islam. Era Society 5.0 menekankan integrasi antara dunia fisik dan digital untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Era Society 5.0 menandai integrasi antara dunia fisik dan digital untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam konteks dakwah Islam, teknologi metaverse menawarkan peluang baru untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan secara lebih interaktif dan imersif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Analisis Penggunaan Metaverse Sebagai Platform Dakwah Era Society 5.0 di Masjid Istiqlal dengan fokus yang mencakup: 1) Pengelolaan Istiqlalverse sebagai Media Dakwah Islam di Masjid Istiqlal Jakarta dan 2) Resepsi Audiens Terhadap Pemanfaatan Istiqlalverse sebagai Platform Dakwah Islam di Masjid Istiqlal Jakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode dalam menganalisis data menggunakan analisis isi yaitu metode untuk mengkaji dan menganalisis isi berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel, video serta pendapat para ahli, yang berupa paragraf, kalimat, ide pokok, yang berkaitan dengan bahasan penelitian.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Proses pengelolaannya dilakukan secara sistematis melalui tahapan pendirian, peluncuran, pengembangan konten dan fitur, hingga pemeliharaan berkelanjutan. Istiqlalverse tidak hanya berfungsi sebagai ruang interaktif untuk edukasi keislaman, tetapi juga menjadi simbol transformasi dakwah yang adaptif dan progresif. Resepsi audiens terhadap pemanfaatan Istiqlalverse sebagai media dakwah di Masjid Istiqlal menunjukkan respons yang umumnya positif, terutama dari generasi muda yang akrab dengan teknologi digital. Platform ini dipandang sebagai bentuk transformasi dakwah yang relevan dengan era digital, karena mampu menjangkau masyarakat secara lebih luas serta memberikan pengalaman imersif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Moh abd Halik |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 15:33 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 15:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |