PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS BAGI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 BANYUWANGI

Himawati, Intania Nur (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS BAGI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INTANIA NUR HIMAWATI_211101010074 .pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Adapun metode pembelajaran yang digunakan guru masih cenderung konvensional sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Disisi lain bahan ajar yang tersedia masih kurang bervariasi, umumnya bergantung pada LKS dan buku paket yang hanya dapat diakses melalui perpustakaan, sehingga tidak semua siswa dapat memanfaatkan secara optimal.
Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui desain pengembangan bahan ajar E-modul interaktif berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist bagi siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar E-modul interaktif berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist bagi siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi. 3) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan pengembangan bahan ajar E-modul interaktif berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist bagi siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi. 4) Mengetahui keefektifan pengembangan bahan ajar E-modul interaktif berbasis flipbook pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist bagi siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Brunch yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, dan soal pre-test post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Banyuwangi. Instrument penelitian berupa angket validasi untuk mengetahui kelayakan dan angket respon siswa untuk mengetahui kepraktisan e-modul. Sedangkan data keefektifan melalui pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata dan presentase serta menggolongkan hasil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
1) Penelitian menunjukkan desain rancangan pengembangan bahan ajar E-modul interaktif berbasis flipbook mulai dari pembuatan cover, penyusunan aktifitas interaktif, hingga E-modul selesai. 2) Kelayakan bahan ajar E-modul interaktif berbasis flipbook oleh ahli materi sebesar 95,83%, ahli bahasa 87,5%, ahli media 95,31%, serta praktisi 90,27%. Maka rata-rata presentase dari beberapa validator tersebut yaitu sebesar 92,23% dengan kriteria “sangat layak”. 3) Kepraktisan bahan ajar E-modul berbasis flipbook di dapat dari skor angket respon siswa, kelompok kecil sebesar 86,60%, kelompok besar 88,48%, kriteria “sangat praktis”. 4) Keefektifan dilihat dari Uji N-Gain berdasarkan nilai pre-test dan posttest, rata-rata yang diperoleh yakni 0,724 tergolong kategori tinggi sehingga rata-rata presentase sebesar 72,4%, kriteria “efektif.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INTANIA NUR HIMAWATI
Date Deposited: 03 Jul 2025 16:08
Last Modified: 03 Jul 2025 16:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45844

Actions (login required)

View Item View Item