Maghfiroh, Andriani (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, ISLAMIC BRANDING, MOTIF RASIONAL DAN MOTIF EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN JASA BANK SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN KH. Ahmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ANDRIANI MAGHFIROH_214105010013.pdf Download (5MB) |
Abstract
Andriani Maghfiroh F.S, 2025: Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan Jasa Bank Syariah.
Kata Kunci: Literasi keuangan syariah, Islamic branding, Motif rasional, Motif Emosional, Pengambilan Keputusan
Di era globalisasi saat ini, sektor keuangan berbasis syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah lembaga keuangan syariah yang menawarkan produk atau jasa yang berlandaskan prinsip syariah. Guna mendorong perkembangan tersebut, bank
syariah harus meningkatkan kinerja operasionalnya, salah satunya yaitu memahami perilaku konsumen, yang mana perilaku konsumen tersebut ialah pengambilan keputusan.
Rumusan masalah dalam Skripsi ini adalah 1) Apakah literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah? 2) Apakah islamic branding berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah? 3) Apakah motif rasional berpengaruh terhadap
keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah? 4) Apakah motif emosional berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah? 5) Apakah literasi keuangan syariah, islamic branding, motif rasional dan motif emosional bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah. 2) Untuk mengetahui pengaruh islamic branding terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah. 3) Untuk mengetahui motif rasional terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah. 4) Untuk mengetahui motif emosional terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah. 5) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, islamic branding, motif
rasional dan motif emosional terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah.
Dalam penelitian ini, digunakan metodologi kuantitatif, yang
memanfaatkan data yang dapat diukur dan dijumlahkan. Pengambilan sampel pada mahasiswa aktif S1 FEBI UIN KHAS Jember berjumlah 100 orang dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil dari penelitian ini ialah secara parsial variabel literasi keuangan syariah, Islamic randing, motif rasional dan motif emosional berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah. Secara simultan variabel-variabel literasi keuangan syariah, islamic branding, motif rasional dan motif emosional berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan mahasiswa menggunakan jasa bank syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Andriani Maghfiroh Firdauzi Santoso |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:41 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |