Fauziah, Rafika (2025) Strategi Modelling Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Asuh Dalam Berpakaian di LKSA Muhammadiayah Senduro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.
![]() |
Text
Rafika Amalia Fauziah NIM. 201103030014.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi modelling, kemandirian berpakaian
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan anak asuh dalam berpakaian secara mandiri dan sesuai dengan syariat Islam. Dalam konteks ini, pengasuh berperan sebagai model perilaku yang ditiru anak melalui proses observasi, retensi, reproduksi, dan motivasi sebagaimana dijelaskan oleh teori social learning Albert Bandura.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tahapan strategi modelling untuk meningkatkan kemandirian anak asuh dalam berpakaian di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang?, 2) Bagaimana hasil strategi modelling untuk meningkatkan kemandirian anak asuh dalam berpakaian di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis tahapan strategi modelling yang digunakan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang dalam meningkatkan memandirian dalam berpakaian. 2) Untuk mengetahui hasil dari penerapan strategi modelling terhadap kemandirian dalam berpakaian pada anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Senduro Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pengasuh, kakak asuh dan anak asuh LKSA Muhammadiyah Senduro. Data yang di kumpulkan di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi live modelling diterapkan melalui tahapan: 1) membangun perhatian anak terhadap cara berpakaian yang benar melalui interaksi hangat dan visual; 2) memperkuat ingatan anak dengan pengulangan nilai-nilai berpakaian dalam rutinitas harian; 3) memberikan ruang bagi anak untuk meniru dan berlatih secara mandiri; serta 4) memberikan motivasi melalui pujian dan cerita inspiratif dari tokoh Muslimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Rafika Amalia Fauziah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 03:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |