PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYYAH (MTS) TEGALSARI

hendika, akmalrio (2025) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYYAH (MTS) TEGALSARI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AkmalRioHendika_T20181396.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Akmal Rio Hendika, 2025: “Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Fikih untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Salafiyyah Tegalsari”
Kata Kunci: Penerapan, Metode Pembelajaran, Demonstrasi, Fikih, Motivasi belajar
Proses pembelajaran yang efektif membutuhkan strategi yang sesuai dengan karakteristik materi dan kebutuhan peserta didik. Dalam konteks pembelajaran Fikih di MTs Salafiyyah Tegalsari, ditemukan bahwa siswa kelas VII cenderung pasif dan kurang termotivasi ketika mengikuti pelajaran, terutama jika materi disampaikan secara konvensional. Hal ini menuntut guru untuk menggunakan metode yang lebih aplikatif dan melibatkan siswa secara langsung.

Penelitian ini berfokus terhadap dua permasalahan utama 1) Bagaimana perencanaan metode demonstrasi pada pembelajaran fikih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi. 3) Bagaimana evaluasi dari penerapan metode demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan perencanaan metode demonstrasi pada pembelejaran fikih untuk meningkatakn motivasi belajar siswa. Kedua adalah untuk menjelaskan pelaksaan metode demonstrasi dan ketiga adalah untuk menguraikan evaluasi dari penerapan metode tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dan berlokasi di MTs Salafiyyah Tegalsari Banyuwangi kelas vii pada mata pelaajran fikih dengan materinya adalah wudlu Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data model Miles dan Huberman dengan mengguanakn teknik keabsahan data triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan matang melalui penyusunan RPP yang menyesuaikan karakteristik materi wudlu. Pelaksanaan metode demonstrasi melibatkan siswa dalam praktik langsung, sehingga materi lebih mudah dipahami. Hal ini ntercermin dari motivasi belajar siswa yang dapat diketahui dari hasil belajar yang dituangkan oleh guru ke dalam nilai siswa yang menyentuh nilai rata-rata 77,6. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar, tercermin dari antusiasme, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap materi. Dengan demikian, metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada pembelajaran Fikih di MTs Salafiyyah Tegalsari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Akmal Rio Hendika
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:36
Last Modified: 04 Jul 2025 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45914

Actions (login required)

View Item View Item