PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERKATIF BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AR-ROUDHOH PATRANG JEMBER

Romadhoni Putri, Jihan Syabita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERKATIF BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AR-ROUDHOH PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Jihan Syabita Romadhoni Putri - waternak.pdf

Download (6MB)

Abstract

Jihan Syabita Romadhoni Putri, 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roudhoh Patrang Jember
Kata Kunci: Pengembangan, Web Google Sites , Bilangan Pecahan
Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung hasil belajar siswa baik di sekolah maupun diluar sekolah sangatlah penting. Terutana pada materi membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan, Proses pembelajaran yang kurang efektif, tanpa media yang praktis, dapat mengalihkan fokus siswa dari materi ke media pembelajaran. Oleh karena itu, dikembangan media pembelajaran Web Google Sites sebagai sarana pembelajaran yang mendukung siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
fokus dalam penelitian ini yaitu:1) bagaimana proses pengembangan media web google sites pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan kelas IV? 2) bagaimana tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan? 3) bagaimana respon peserta didik dalam media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan kelas IV?
Tujuan dari Penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengembangan media dan menghasilkan desain produk media pembelajaran Web Google Sites dalam memberikan pengajaran mengenai pendidikan matematika pada anak usia dini serta dapat menerapkan materi mengurutkan bilangan pecahan dengan baik pada kelas IV (2) Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran Web Google Sites mata pelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan pada kelas IV 3) Untuk mengetahui respon peserta didik kelas IV terhadap produk media Web Google Sites pada mata pelajaran matematika materi membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan pada kelas IV
Pengembangan media pembelajaran Web Google Sites menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang menerapkan lima tahap: Analysisi, Design, development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data diperoleh dari pengumpulan angket dan validasi di lakukan oleh ahli media, materi, bahasa, dan ahli materi pembelajaran. Dengan subjek penelitian peserta didik MI Ar-Roudhoh Patrang Jember.
Hasil penelitian ini menunjukan 1. media yang dikembangkan berupa Web Google SitesYang menampilkan desain CP (Capaian Pembelajaran) dan TP (Tujuan Pembelajaran), materi, vidio pembelajaran, dan evaluasi pada materi membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan. 2. Tingkat kelayakn media menunjukan bahwa pembelajaran Web Google Sites oleh ahli media sebesar 88%, ahli materi sebesar 92,5%, ahli bahasa sebesar 88%, dan ahli pembelajaran sebesar 87%. (3) Respon peseta didik sebesar 94,5% dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Jihan Syabita Romadhoni Putri
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:55
Last Modified: 04 Jul 2025 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45951

Actions (login required)

View Item View Item