PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MATERI BAGIAN TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH PENGATIGAN ROGOJAMPI

fitri, syarifah restiana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MATERI BAGIAN TUMBUHAN BESERTA FUNGSINYA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH PENGATIGAN ROGOJAMPI. Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
Syarifah Restiana Fitri (Skripsi)_watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada penelitian pengembangan media pembelajaran ini, peneliti memilih
pembelajaran IPAS materi Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya. Media
pembelajaran ini dibuat sebagai alat bantu bagi pendidik dalam memberikan
materi saat proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran IPAS di MI Islamiyah
Pengatigan Rogojampi peserta didik kurang konsentrasi dan kurang tertarik dalam
belajar. Media ini dibuat dengan menarik agar meningkatkan ketertarikan dan
keaktifan peserta didik dalam mempelajari materi.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana produk
pengembangan media pembelajaran augmented reality berbasis Assemblr edu
pada materi bagian tumbuhan beserta fungsinya untuk siswa kelas IV MI
Islamiyah Pengatigan Rogojampi? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media
pembelajaran augmented reality berbasis Assemblr edu dalam proses
pembelajaran di kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Rogojampi, baik dari sisi guru
maupun siswa? 3) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran
augmented reality berbasis Assemblr edu dalam proses pembelajaran di kelas IV
MI Islamiyah Pengatigan Rogojampi, baik dari sisi guru maupun siswa?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui produk pengembangan
media pembelajaran augmented reality berbasis Assemblr edu pada materi bagian
tumbuhan beserta fungsinya kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Rogojampi. 2)
Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran augmented
reality berbasis Assemblr edu pada materi bagian tumbuhan beserta fungsinya
untuk kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Rogojampi. 3) Untuk mengetahui
kepraktisan terhadap pengembangan media augmented reality berbasis Assemblr
edu pada materi bagian tumbuhan beserta fungsinya untuk kelas IV MI Islamiyah
Pengatigan Rogojampi.
Metode penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development) model ADDIE terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan,
implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunnakan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Augmented reality
berbasis assemblr edu dikategorikan valid digunakan dalam proses pembelajaran
IPAS materi bagian tumbuhan beserta fungsinya.. berdasarkan hasil perolehan
validasi ahli media 92,5% dengan kategori sangat valid, validasi ahli materi
91,1% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli pembelajaran 86,6% dengan
kategori sangat valid 2) Assemblr edu berbasis augmented reality juga
dikategorikan sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran
IPAS materi bagian tumbuhan beserta fungsinya. Berdasarkan hasil peserta didik
86,8% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality berbasis Assemblr edu, Augmented reality Berbasis Assemblr edu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: syarifah restiana
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:47
Last Modified: 04 Jul 2025 04:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46007

Actions (login required)

View Item View Item