Abdillah, Zuhdi (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI BUDAYA MURAJA’AH HARIAN DI SEKOLAH DASAR DARUL ISTIQOMAH BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
TESIS - ZUHDI ABDILLAH.pdf Download (8MB) |
Abstract
Zuhdi Abdillah, 2025, “ImplementasiPendidikan Karakter Kedisiplinan dan
Tanggung Jawab Melalui Budaya Muraja’ah Harian Di SD Darul
Istiqomah Maesan-Bondowoso”. Tesis Program Pendidikan Agama Islam
Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Pembimbing I Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II Dr. H. Abd.
Muhith, S.Ag, M.Pd.I
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Tanggung Jawab, Budaya
Muroja’ah Harian.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter dalam
membentuk peserta didik yang disiplin dan bertanggung jawab, sebagai respons
terhadap masih maraknya pelanggaran tata tertib sekolah yang mencerminkan
kurangnya kesiapan siswa dalam menaati aturan. SD Darul Istiqomah Maesan-
Bondowoso menerapkan budaya muroja’ah harian sebagai upaya pembiasaan
untuk menanamkan karakter kedisiplinan dan tanggung jawab siswa sejak dini,
yang relevan dengan nilai-nilai keislaman dan tujuan pendidikan nasional.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengkaji penerapan budaya muroja’ah
harian dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan siswa serta dampaknya; dan
(2) untuk mengidentifikasi tantangan serta keberhasilan sekolah dalam
mendukung pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui
program tersebut.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi, yang melibatkan kepala sekolah, guru PAI, guru penanggung jawab
tahfidz, serta beberapa siswa aktif dalam kegiatan muroja’ah. Teknik analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan
keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya muroja’ah harian secara
konsisten diterapkan melalui pengawasan guru dan pelibatan orang tua,
membentuk karakter disiplin siswa dalam hal waktu, ketertiban, dan kesungguhan.
Sedangkan karakter tanggung jawab siswa tercermin dari kemampuan
menyetorkan hafalan secara mandiri dan menjaga komitmen terhadap target
hafalan. Program ini juga menghadapi tantangan seperti perbedaan kemampuan
siswa dalam membaca Al-Qur’an dan keterbatasan tenaga pendamping, namun
tetap menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan suasana religius, pembiasaan
positif, dan pembentukan karakter yang kuat di lingkungan sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | zuhdi abdillah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:36 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |