Hakim, Nur (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Osing Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI NUR HAKIM FIXX.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nur Hakim, 2025: Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Osing Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Banyuwangi
Kata Kunci: Project Based Learning, Etnomatematika, Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif.
Permasalahan yang terjadi di SMPN 2 Banyuwangi adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun ruang sisi datar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pra penelitian di kelas VIII, yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori kurang kreatif dan tidak kreatif. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan etnomatematika rumah adat Suku Osing.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII A SMPN 2 Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang terintegrasi Etnomatematika Suku Osing? 2) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII A SMPN 2 Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang terintegrasi Etnomatematika Suku Osing? 3) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning yang terintegrasi Etnomatematika Suku Osing terhadap tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII A SMPN 2 Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 2 Banyuwangi, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian kemampuan berpikir kreatif yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui nilai rata-rata, dan statistik inferensial menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test guna menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum pembelajaran sebagian besar berada pada kategori kurang kreatif dan tidak kreatif, 2) Setelah diterapkan model pembelajaran PjBL terintegrasi etnomatematika, terjadi peningkatan tingkat kemampuan berpikir kreatif ke kategori cukup kreatif hingga sangat kreatif, 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PjBL terintegrasi etnomatematika rumah adat Suku Osing terhadap tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai signifikansi < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Depositing User: | Nur Hakim |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:46 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |