PENGEMBANGAN MEDIA TRUTH OR DARE BOARD GAME BERBASIS FOOD ADVENTURE DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADI’IN GLAGASAN ROWOTAMTU RAMBIPUJI JEMBER

Muktaviya, Arina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA TRUTH OR DARE BOARD GAME BERBASIS FOOD ADVENTURE DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUL MUBTADI’IN GLAGASAN ROWOTAMTU RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ARINA_.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan Media Truth or Dare Board Game
Berbasis Food Adventure Dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Untuk
Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Glagasan Rowotamtu
Rambipuji Jember.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Truth or Dare, Sistem Pencernaan Manusia
Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah sering mengalami kendala karena
minimnya media yang inovatif dan menarik. Pada materi sistem pencernaan
manusia, siswa kesulitan memahami konsep akibat metode pembelajaran yang
masih monoton seperti ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan observasi di MI
Hidayatul Mubtadi’in Glagasan Rowotamtu, siswa kelas V masih kesulitan
memahami materi sistem pencernaan manusia karena pembelajaran masih
dilakukan secara konvensional. Maka dari itu, dikembangkan media Truth or Dare
Board Game berbasis Food Adventure untuk membantu siswa belajar IPA dengan
cara yang lebih menyenangkan dan interaktif.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui desain dan
pengembangan media Truth or Dare Board Game berbasis Food Adventure untuk
pembelajaran sistem pencernaan manusia pada siswa kelas V (2) Untuk mengetahui
kelayakan Penggunaan Media Truth or Dare Board Game Berbasis Food
Adventure dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas V
Metode penelitian ini menggunakan model Research and Development
(R&D) dengan pendekatan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh
langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek uji coba adalah siswa kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Glagasan Rowotamtu.
Hasil penelitian (1) Produk yang dikembangkan berupa media Truth or
Dare Board Game berbasis Food Adventure yang berisikan materi tentang sistem
pencernaan manusia untuk siswa kelas V. Media ini dibuat menggunakan bahan
papan triplek berukuran 80 × 50 cm, dilengkapi dengan ilustrasi visual alur
makanan, serta kartu Truth dan Dare yang memuat pertanyaan dan tantangan yang
relevan dengan materi pembelajaran. (2) Menunjukkan bahwa media yang
dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan hasil validasi ahli media sebesar
96%, ahli materi 94%, ahli bahasa 96% dan ahli pembelajaran 94%, serta
memperoleh respon siswa sebesar 91,8% dalam kategori sangat menarik. Media ini
terbukti mampu meningkatkan antusiasme, pemahaman, dan keterlibatan siswa
dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi sistem pencernaan manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arina Muktaviya
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:36
Last Modified: 04 Jul 2025 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46203

Actions (login required)

View Item View Item