PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) SUNAN DRAJAT AJUNG JEMBER

Putri Rigioni Septina, Wahyuandhita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SEKOLAH DASAR ISLAM (SDI) SUNAN DRAJAT AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Wahyuandhita Putri Rigioni Septina.pdf

Download (5MB)

Abstract

Wahyuandhita Putri Rigioni Septina, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SDI Sunan Drajat Ajung Jember

Kata Kunci: Fun Thinkers Book, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Kelas 1 SD, Pengembangan

Penggunaan Media Pembelajaran Sangatlah Penting dalam Proses Pembelajaran. Media Pembelajaran dapat Membantu Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Mempermudah Pemahaman Materi, serta Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Namun, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Masih Sering Menggunakan Metode Konvensional yang Kurang Menarik. Untuk Itu, Peneliti Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif bernama Fun Thinkers Book yang Berbasis Permainan Edukatif untuk Pengenalan Suku Kata pada Siswa Kelas Rendah.
Adapun Rumusan Masalah dalam Penelitian ini Sebagai Berikut: (1) Bagaimana Kelayakan Media Fun Thinkers Book pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di Sekolah Dasar Islam Sunan Drajat Sumuran Ajung Jember? (2) Bagaimana Kepraktisan Media Fun Thinkers Book? (3) Bagaimana Keefektifan Media Fun Thinkers Book pada Pembelajaran Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV?
Tujuan Penelitian ini Yaitu untuk: (1) Mengetahui Kelayakan Media Fun Thinkers Book. (2) Mengetahui Kepraktisan Media Fun Thinkers Book. (3) Mengetahui Keefektifan Media Fun Thinkers Book dalam Pembelajaran.
Pengembangan Media ini Menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE yang Mencakup Lima Tahapan, Yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan meliputi Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi, Pretest dan Posttest.
Hasil Penelitian ini menunjukkan Bahwa: 1) media pembelajaran Fun Thinkers Book memiliki tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Berdasarkan hasil validasi dari dua orang validator, yaitu ahli media dan ahli materi, diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 91,63% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 2) Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari respon guru sebagai pengguna media menunjukkan rata-rata sebesar 92,73%, yang mengindikasikan bahwa media ini sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran. 3) Hasil Keefektifitasan media diukur melalui perbandingan nilai pretest dan posttest peserta didik. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan tingkat keefektifan sebesar 91,25%, sehingga media ini tergolong sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Fun Thinkers Book dapat dikategorikan Layak dan Praktis digunakan dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Wahyuandhita putri Rigioni septina
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:48
Last Modified: 04 Jul 2025 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46244

Actions (login required)

View Item View Item