Anisa, Okta Viana Dwi Anisa (2025) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK SELF MANAGEMENT PADA SANTRIWATI BARU DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ISTIQOMAH KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI Okta Viana Dwi Anisa _212103030051.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan
santriwati baru dalam mengelola dirinya agar mampu beradaptasi dengan
lingkungan dan sistem pesantren yang memiliki peraturan dan rutinitas yang ketat.
Sehingga santriwati baru seringkali menghadapi kesulitan dalam menyesuaikan
diri. Agar santri dapat mengatasi hal tersebut pada tingkat dan jenis tertentu
selama proses pendidikan, mereka memerlukan usaha, bantuan, dan arahan
dengan pendekatan self management. Self management atau pengelolaan diri
merupakan keahlian individu untuk manajemen diri atau mengendalikan diri
terhadap sebuah perlakuan yang sedang dilakukan ataupun yang segera dilakukan
dengan tujuan agar dirinya terdorong untuk menghindari kegiatan yang negatif
atau perilaku amoral
Fokus pada penelitian ini adalah: pertama peran pondok pesantren dalam
membentuk self management pada santriwati baru di pondok pesantren Raudlatul
Istiqomah Kabupaten Probolinggo. Kedua, cara membentuk self management
pada santriwati baru di Pondok pesantren Raudlatul Istiqomah kabupaten
Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pondok pesantren
dalam membentuk self management pada santriwati baru serta bagaimana proses
pembentukan self management tersebut di Pondok Pesantren Raudlatul Istiqomah
Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Subjek penelitian meliputi kepala pondok, pengurus pesantren, serta santriwati
baru. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren berperan aktif
dalam membentuk self management santriwati melalui kegiatan harian yang
terstruktur, pembiasaan disiplin, bimbingan dari ustadzah, serta pengawasan yang
konsisten. Adapun cara-cara yang digunakan dalam membentuk self management
pada santriwati baru meliputi penguatan motivasi diri, penyusunan aktivitas
harian, pembiasaan pengelolaan waktu dan emosi, serta pemberian tanggung
jawab terhadap tugas individu maupun kelompok. Pendekatan yang digunakan
oleh pondok pesantren ini sejalan dengan konsep dalam Cognitive Behavior
Therapy yang menekankan perubahan pola pikir dan perilaku secara mandiri dan
bertahap. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pondok pesantren memiliki peran
yang strategis dan efektif dalam membentuk self management santriwati baru
sehingga mereka dapat menjalani proses adaptasi dengan lebih baik, mandiri, dan
disiplin dalam kehidupan pesantren.
Kata Kunci: Peran, Pondok pesantren, Self Management, Santriwati baru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Okta Viana Dwi Anisa |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:14 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |