Adiyani, Rafiqatul (2025) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Rafiqatul Adiyani-233206010003.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kinerja guru memegang peranan penting dalam menentukan mutu
pembelajaran dan hasil belajar siswa. Namun, dalam praktiknya, banyak guru
menghadapi tantangan seperti rendahnya motivasi kerja dan iklim kerja yang kurang
mendukung. Kondisi ini dapat menghambat upaya peningkatan profesionalisme guru,
terutama di tengah tuntutan pendidikan yang terus berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan iklim
kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Jember. Adapun
rumusan masalah yang dikaji meliputi: (1) Adakah pengaruh motivasi kerja terhadap
kinerja guru? (2) Adakah pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru? (3) Adakah
pengaruh motivasi kerja dan iklim kerja secara simultan terhadap kinerja guru?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif korelasional yang bersifat eksplanatif. Populasi penelitian mencakup seluruh
guru MAN 1, MAN 2, dan MAN 3 Kabupaten Jember. Sampel diambil menggunakan
teknik proportionate stratified random sampling untuk memastikan keterwakilan dari
masing-masing madrasah, dengan jumlah sampel sebanyak 128 guru. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan
koefisien determinasi, yang didahului dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji
linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh motivasi kerja
terhadap kinerja guru, dengan nilai signifikansi sebesar 0,048 (< 0,05); (2) Ada
pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru, dengan nilai signifikansi sebesar 0,044 (<
0,05); (3) Ada pengaruh motivasi kerja dan iklim kerja secara simultan terhadap kinerja
guru, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Hasil uji t menunjukkan bahwa
iklim kerja memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan motivasi kerja,
dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 2,03 dan 1,995.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rafiqatul Adiyani |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 07:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46267 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |