Habibah, Fitria Qoriatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BAG BOX PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 01 TANGGUL - JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
skripsi fitria waterma.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Media Pembelajaran, Bag Box, IPAS.
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan oleh guru untuk membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, dan menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan. Peranan media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan karena media merupakan salah satu penununjang keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan media bag box. Media bag box ini digunakan guru untuk menjelaskan materi pada saat proses pembelajaran, dan menjadikan proses belajar mengajar lebih menyenangkan.
Dalam penelitian pengembangan ini terdapat rumusan masalah antara lain: (1) Bagaimana proses pengembangan media bag box pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul - Jember. (2) Bagaimana kelayakan media bag box pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul - Jember. (3) Bagaimana praktikalitas media bag box pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul - Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan produk media bag box pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul - Jember. (2) untuk mengetahui kelayakan media bag box pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul - Jember. (3) untuk mengetahui praktikalitas media bag box pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Tanggul - Jember.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE. yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VF SD Muhammadiyah 01 Tanggul.
Hasil penelitian dan pengembangan media ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan media bag box menggunakan model ADDIE. pertama Analysis, pada tahap ini terdiri dari dua langkah yaitu analisis kebutuhan dan juga analisis materi. Ke dua Design, yang teridiri dari tiga tahapan yaitu menetukan materi, menyesuaikan materi dengan media dan menyusun kerangka media. Ke tiga Development pada tahap ini dilakukan pembuatan produk kedalam bentuk nyata, validasi produk yang dilakukan oleh 3 validator dan revisi. Ke empat Implementation pada tahap implementasi dilakukan dengan dua kali uji coba yaitu skala kecil dan skala besar. dan ke lima Evaluation evaluasi dilakukan untuk memberikan umpan balik kepada pengguna produk. (2) Hasil kelayakan bag box dihasilkan dari angket yang diberikan kepada 3 validator ahli yang memperoleh presentase rata-rata 93,47% dapat dinyatakan valid dan dapat diterpakan pada proses pembelajaran. (3) berdasarkan hasil praktisitas yang didapatkan dari angket respon peserta didik maka diperoleh presentase rata-rata 94,50% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fitria Qoriatul Habibah |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |