Agintalila, Aprilta (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Songgon Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Aprilta Agintalila.pdf Download (20MB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena dominasi metode ceramah yang konvensional dan minimnya penggunaan media yang menarik. Media pembelajaran berbasis permainan ular tangga digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 1 Songgon dikembangkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih didominasi oleh metode ceramah yang bersifat konvensional dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Akibatnya, peserta didik cenderung pasif, kurang termotivasi, dan mengalami kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini diperkuat oleh hasil wawancara dengan pendidik dan peserta didik yang menunjukkan rendahnya minat belajar akibat kurangnya variasi media pembelajaran yang menarik. Pengembangan media ular tangga dilakukan sebagai upaya inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan kontekstual. Media ini dirancang untuk menggabungkan unsur permainan dan materi ajar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 1 Songgon. Media ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik, memotivasi mereka dalam belajar, serta menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan efektif dibandingkan metode konvensional yang selama ini digunakan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Songgon layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan tersebut dibuktikan melalui: validasi ahli media 84%, materi 77, 3% dan praktisi 88, 9%, hasil uji coba kelompok kecil 85, 6% dan besar 82, 13%, serta angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba peserta didik, media pembelajaran ini termasuk dalam kategori valid dan layak serta dapat digunakan dalam pembelajaran dengan revisi minor.
Dengan demikian, media ular tangga digital ini dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang lebih menarik dan efektif.
Kata Kunci: media pembelajaran, ular tangga, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aprilta Agintalila |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:36 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |