PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBIASAAN DAN PEMBINAAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS IX SMP 03 ISLAM ROWOTENGAH SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

David Alikrom, Muhammad (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBIASAAN DAN PEMBINAAN AKHLAK TERPUJI SISWA KELAS IX SMP 03 ISLAM ROWOTENGAH SUMBERBARU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DAVID edit 2t.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad David Alikrom, 2025: Peran Guru Pendidikan Agama Islam
Melalui Metode Pembiasaan dan Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas
IX SMP 03 Islam Rowotengah Sumberbaru Jember Tahun Ajaran
2024/2025
Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Metode Pembiasaan,
Akhlak Terpuji
Guru PAI memiliki peran strategis tidak hanya sebagai pengajar, tetapi
juga sebagai teladan akhlak yang bertanggung jawab dalam membina karakter
siswa. Perkembangan zaman saat ini dikhawatirkan menyebabkan penurunan
kualitas akhlak generasi muda, yang ditandai dengan berbagai perilaku
menyimpang. Oleh karena itu, pembinaan akhlak menjadi perhatian utama
dalam pendidikan Islam. Melalui pendekatan pembiasaan, guru berupaya
menanamkan nilai-nilai akhlak mulia secara konsisten dalam keseharian siswa.
Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini yaitu : 1)
Bagaimana guru pendidikan agama islam dalam memberikan metode
pembiasaan? 2) Bagaimana guru pendidikan agama islam dalam memberikan
pembinaan akhlak terpuji siswa kelas IX? 3) Bagaimana langkah-langkah
metode pembiasaan yang diberikan kepada siswa?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru pendidikan agama
Islam dalam memberikan metode pembiasaan, untuk mendeskripsikan guru
pendidikan agama islam dalam memberikan pembinaan akhlak terpuji siswa
kelas IX SMP Islam 3 Sumber baru Jember, Untuk mendeskripsikan langkahlangkah metode pembiasaan yang diberikan kepada siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu: Dendikasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Keabsahan Data yang digunakan yaitu Sumber Dan Teknik
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembiasaan oleh
guru PAI di SMP 03 Rowotengah yang digunakan guru yaitu dengan melakukan:
keteladanan, nasehat, pelatihan, pembiasaan, tindakan sosial dan disiplin serta
memberikan arahan kepada siswa, yang dilakukan di dalam dan luar kelas,
meliputi pemberian materi, keteladanan, dan evaluasi. Pembiasaan seperti
mengucap salam, berpakaian rapi, dan saling menghormati membentuk akhlak
terpuji siswa, seperti jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Keberhasilan
ditunjang kerja sama guru, siswa, dan lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad David Alikrom
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:42
Last Modified: 04 Jul 2025 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46366

Actions (login required)

View Item View Item