IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN LINTAS MINAT KETERAMPILAN PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBER

Ilmiyyah, Fudhlah (2025) IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN LINTAS MINAT KETERAMPILAN PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSIMYPUNYAKU (1)-1.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata kunci: Mata Pelajaran Lintas Minat, Keterampilan Pertanian, Keterampilan
Proses Sains, Sikap Ilmiah
Mata pelajaran lintas minat keterampilan pertanian di MAN 1 Jember dirancang
untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang pertanian
melalui pembelajaran teori dan praktik. Materi pembelajaran yang diberikan berkaitan
dengan beberapa materi biologi. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa
mata pelajaran lintas minat dapat menumbuhkan sikap ilmiah dan keterampilan proses
sains. Sikap ilmiah dan keterampilan proses sains merupakan kompetensi yang
dibutuhkan pada abad 21. Dengan demikian sangat penting untuk mengetahui
implementasi mata pelajaran lintas minat keterampilan pertanian dalam meningkatkan
sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa kelas X di MAN 1 Jember.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Mata Pelajaran
Lintas Minat Keterampilan Pertanian dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah dan
Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X di MAN 1 Jember, 2) Mendeskripsikan
Pelaksanaan Mata Pelajaran Lintas Minat Keterampilan Pertanian dalam Meningkatkan
Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X di MAN 1 Jember, 3)
Mendeskripsikan Evaluasi Mata Pelajaran Lintas Minat Keterampilan Pertanian dalam
Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X di MAN 1
Jember, 4) Mengetahui Faktor-Faktor yang mendukung dan menghambat dalam
Pelaksanaan Mata Pelajaran Lintas Minat Keterampilan Pertanian di MAN 1 Jember.
Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
Fenomenalogi. Penentuan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive dengan
pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampel sumber data. Pengumpulan data
dilakukan dengan 4 teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada
penelitian ini menggunakan analisis data menurut Miles, Hubermen & Saldana meliputi:
kondensasi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dilakukan
secara sistematis dan mengacu pada kurikulum 2013 dengan penyusunan perangkat ajar
seperti silabus, RPP, dan modul pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah. 2)
Pelaksanaan pembelajaran meliputi penyampaian materi dan kegiatan praktik di lahan
pertanian dan laboratorium dengan metode ceramah, diskusi, eksperimen, dan proyek
lapangan yang melibatkan siswa secara aktif. 3) Evaluasi dilakukan secara formatif dan
sumatif melalui observasi, penilaian praktik, portofolio, dan tes tertulis yang
menunjukkan peningkatan pada sikap ilmiah dan keterampilan proses sains siswa. 4)
Faktor pendukung pelaksanaan meliputi ketersediaan fasilitas praktik, dukungan dari
pihak madrasah dan orang tua, serta minat siswa. Sementara itu, hambatan yang
dihadapi antara lain keterbatasan waktu dan minat siswa yang belum merata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060303 Biological Adaptation
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Fudhlah Ilmiyyah
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:08
Last Modified: 04 Jul 2025 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46423

Actions (login required)

View Item View Item