PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS VIII DI SMPN 4 JEMBER

Mulyo, Ramadani Muhammad (2025) PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS VIII DI SMPN 4 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ramadani Muhammad Mulyo 201101090024 watermark.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ramadani Muhammad Mulyo, 2025:Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS Materi Kondisi Geografis Indonesia Kelas VIII di SMPN 4 Jember.
Kata Kunci: Literasi Digital, Pembelajaran IPS, Kondisi Geogragis Indonesia
Literasi digital merupakan pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan media digital dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun permasalahan literasi digital di sekolah SMP 4 Negeri Jember dapat mencakup beberapa aspek , seperti; keterbatasan teknologi, keamanan digital, faktor ekonomi siswa ,dan kesadaran orang tua, serta manajemen waktu untuk membaca.
Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah perencanaan pembelajaran IPS materi kondisi geografis indonesia berbasis literasi digital kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember ? 2. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPS materi kondisi geografis indonesia berbasis literasi digital kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember ? 3. Bagaimana evaluasi dan hambatan pembelajaran IPS materi kondisi geografis indonesia berbasis literasi digital kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskipsikan perencanaan pembelajaran IPS materi kondisi geografis indonesia berbasis literasi digital kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember. 2. Untuk mendeskipsikan pelaksanaan pembelajaran IPS materi kondisi geografis indonesia berbasis literasi digital kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember.3. Untuk mendeskripsikan evaluasi dan hambatan pembelajaran IPS materi kondisi geografis indonesia berbasis literasi digital kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta atau sifat objek tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data lebih banyak memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan teori Miles, Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Peneliti memperoleh kesimpulan yaitu, 1. Perencanaan pembelajaran IPS materi kondisi geografis Indonesia berbasis literasi digital dapat meningkatkan belajar siswa, dengan menggunakan teknologi digital, pembelajaran yang semula dirasa sulit dan membosankan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.2. Pelaksanaan literasi digital dalam pembelajaran IPS di SMPN 4 Jember telah berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membantu siswa mengakses informasi yang lebih luas dan terkini, serta memfasilitasi kolaborasi dan diskusi yang lebih efektif. 3. Evaluasi dan hambatan pembelajaran IPS berbasis literasi digital di SMPN 4 Jember menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran dapat membantu siswa memahami sejauh mana mereka telah mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ramadani Muhammad Mulyo
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:14
Last Modified: 04 Jul 2025 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46435

Actions (login required)

View Item View Item