Pengembangan Media Ular Tangga Edukasi Digital Materi Sistem Tata Surya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Di Madrasah Ibtidaiyah Shibyanul Islamiyah Dukuh Mencek Jember

Aini, Nor (2025) Pengembangan Media Ular Tangga Edukasi Digital Materi Sistem Tata Surya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Di Madrasah Ibtidaiyah Shibyanul Islamiyah Dukuh Mencek Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI REVISI FIXS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran sangat penting, terutama untuk memahami materi
sistem tata surya. Di MI Shibyanul Islamiyah Dukuh Mencek Jember, media
pembelajaran masih terbatas pada buku paket, pegangan pendidik, dan LKS.
Karena itu, dibutuhkan inovasi media baru. Salah satunya adalah media ular
tangga edukasi digital, yaitu permainan berbasis aplikasi Contruc dan Canva yang
berisi materi edukatif, kuis, dan permainan ular tangga menggunakan dadu.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses
pengembangan media ular tangga edukasi digital materi sitem tata surya mata
pelajaran IPA kelas 5 madrasah ibtidaiyah Shibyanul Islamiyah Dukuh Mencek
Jember? 2) Bagaimana kelayakan media ular tangga edukasi digital materi sitem
tata surya mata pelajaran IPA kelas 5 madrasah ibtidaiyah shibyanul islamiyah
dukuh mencek Jember? 3) Bagaimana keefektifan media ular tangga edukasi
digital materi sitem tata surya mata pelajaran IPA kelas 5 madrasah ibtidaiyah
shibyanul islamiyah dukuh mencek Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan proses pengembangan
media ular tangga edukasi digital materi sistem tata surya mata pelajaaran IPA
kelas 5 madrasah ibtidaiyah shibyanul islamiyah dukuh mencek jember. 2)
Mengetahui kelayakan media ular tangga edukasi digital materi sistem tata surya
mata pelajaran IPA kelas 5 madrasah ibtidaiyah shibyanul islamiyah dukuh
mencek jember. 3) Mengetahui keefektifan media ular tangga edukasi digital
materi sistem tata surya mata pelajaran IPA kelas 5 madrasah ibtidaiyah shibyanul
islamiyah dukuh mencek jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pretes dan postest. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan layak
dijadikan sebagai media pembelajaran. Hasil kelayakan media pembelajaran ini
dilakukan kepada beberapa ahli yaitu kepada ahli media memperoleh presentase
sebesar 90%, kepada ahli materi memperoleh presentase sebesar 92%, dan kepada
ahli pembelajaran memperoleh presentase sebesar 74,59%. Dari keseluruhan
presentase oleh validasi ahli yaitu 86,18%, maka hal ini dapat dikatakan valid dan
sangat layak digunakan. Adapun hasil keefektifan yang didapatkan dari hasil
pretes dan posttes peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 67,8%,
sehingga dikatakan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nor Aini
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:15
Last Modified: 04 Jul 2025 09:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46439

Actions (login required)

View Item View Item