PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMATION WHITEBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JOMBANG

Wulandari, Novi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMATION WHITEBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JOMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOVI WULANDARI T20189068.pdf

Download (23MB)

Abstract

Media pembelajaran Animation Whiteboard berbasis benime suatu konsep atau ide kreatif yang biasa digunakan untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui Kevalidan media pembelajaran Animation Whiteboard berbasis Aplikasi Benime untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 01 Jombang Jember tahun pelajaran 2022/2023, (2) Mengetahui Kepraktisan media pembelajaran Animation Whiteboard berbasis Aplikasi Benime untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 01 Jombang Jember tahun pelajaran 2022/2023, (3) Mengetahui keefektifan Animation Whiteboard berbasis Aplikasi Benime untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 01 Jombang Jember tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Devolepment (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan soal latihan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMPN 01 Jombang Jemberberjumlah 10 siswa uji coba kelompok kecil, dan 31 siswa sebagai uji coba kelompok besar. Instrument penelitian berupa angket validasi untuk mendapatkan kevalidan dan validator ahli Desain, ahli materi dan ahli bahasa. Angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui data kepraktisan. Untuk mengetahui data keefektifan melalui hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian 1) pada tingkat kevalidan media pembelajaran Animation Whiteboard berbasis Aplikasi Benime oleh semua para validator ahli, yaitu ahli desain,ahli materi dan ahli bahasa. Adapun rincian masing-masing skor yang diperoleh dari para ahli adalah validator ahli desain media diperoleh skor 64,5 %, validator ahli materi diperoleh skor 83,3%, validator ahli bahasa diperoleh skor sebesar 82,5%. (2) untuk kepraktisan dilihat dari hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 85% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Animation whiteboard berbasis aplikasi Benime dikatakan sangat praktis. (3) tingkat keefektifan pada penelitian ini terpenuhi karena media pembelajaran Animation Whiteboard berbasis Aplikasi Benime yang dikembangkan mendapatkan nilai dari hasil Pretest dan Post Test sebesar 76% sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran Animation Whiteboard berbasis aplikasi Benime Efektif untuk digunakan dalam sebuah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100603 Logic Design
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160401 Economic Geography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Novi Wulandari
Date Deposited: 04 Jul 2025 12:36
Last Modified: 04 Jul 2025 12:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46588

Actions (login required)

View Item View Item