Skripsi Inovasi Pembelajaran Tahfizul Qur'an di Pondok Pesantren Islam Aah-Shiddiqi Putri Jember

A. Sa'id Alhalimi, U20151083 (2022) Skripsi Inovasi Pembelajaran Tahfizul Qur'an di Pondok Pesantren Islam Aah-Shiddiqi Putri Jember. Inovasi Pembelajaran Tahfizul Qur'an di Pondok Pesantren Islam Aah-Shiddiqi Putri Jember.

[img] Text
skripsi full, watermark.pdf

Download (9MB)

Abstract

Inovasi merupakan salah satu aspek dinamis yang sangat penting didalam proses menghafal al-Qur'an. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran, di harapkan proses menghafal akan lebih maksimal. Banyak santri tahfiz agak lambat dalam menghafal dan tidak dapat mempertahankan hafalan yang sudah dicapai, hal ini bukan hanya karena kemampuan yang kurang, namun juga bisa terjadi karena proses pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi yang dilakukan agar dapat mempermudah santri dalam menghafal dan menjaga hafalannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember sehingga dapat memudahkan dalam menghafal, menghasilkan hafizoh yang berkualitas dan dapat menjaga hafalan al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk inovasi pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri jember? 2) Apa implikasi dari inovasi pembelajaran tahfidzul Qur’an terhadap hafalan santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan bagaimana inovasi pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash- Shiddiqi Putri Jember. 2) Mendeskripsikan implikasi dari inovasi pembelajaran tahfizul Qur’an terhadap hafalan santri di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Putri Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bentuk inovasi pembelajaran tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri Jember adalah: 1) Metode Hafalan 5T (Tawassul, Tela’ah, Tartil, Tahfidz, dan Takrir), Tanpa Kartu Tahfidz, kegiatan evaluasi tahfiz berupa ayatan dan kuis 2) implikasinya santri lebih mudah menghafal dan lebih kuat hafalannya, santri dihadirkan dengan suasana menghafal al-Qur’an yang menyenangkan karena tanpa tuntutan target dan tidak membosankan, sikap tanggung jawab yang tinggi terhadap hafalan yang sudah dimiliki.

Kata kunci: Inovasi, Pembelajaran, Tahfizul Qur’an,

Item Type: Article
Depositing User: A. Sa'id Alhalimi
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:47
Last Modified: 20 Apr 2022 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item