Syahri Romadhon, Mochammad (2025) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III B di MIMA Condro Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Mochammad Syahri Romadhon_ T20194020.pdf Download (5MB) |
Abstract
Mochammad Syahri Romadhon, 2025 Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III B di MIMA Condro Kaliwates Jember
Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Pendidikan Pancasila .
Konteks penelitian ini adalah saat observasi awal, guru Pendidikan Kewarganegaraan di MIMA Condro, pada awal penerapan pendekatan/strategi dalam mengajar, guru Pendidikan Kewarganegaraan di MIMA Condro hanya menerapkan ceramah saja, sehingga gurulah yang cenderung berperan aktif dikelas dan membuat siswa hanya pasif pada saat proses pembelajaran. Hal ini membuat siswa bosan dan jenuh pada saat pelajaran di kelas, sehingga mengakibatkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru dan dapat berpengaruh pada kemampuan siswa untuk membaca, memahami serta menerapkan materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kehidupan sehari-hari siswa. Permasalahan yang terjadi membuat guru Pendidikan Kewarganegaraan di MIMA Condro mempunyai ide untuk mencari dan mengganti pendekatan/strategi yang sesuai dalam penyampaian materi yang akan diajarkan, maka guru Pendidikan Kewarganegaraan di MIMA Condro melakukan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dirasa mampu untuk membantu siswa agar mudah memahami dan mengetahui makna dari materi Pendidikan Kewarganegaraan yang sedang dipelajarai.
Fokus Penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III B di MIMA Condro Kaliwates Jember, 2) Bagaimana penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III B di MIMA Condro Kaliwates Jember Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III B di MIMA Condro Kaliwates Jember.2) Untuk mendeskripsikan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III B di MIMA Condro Kaliwates Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) Perencanaan model Contextual Teaching and Learning (CTL)yaitu: a) menyiapkan program tahunan, program semester dan silabus yang disusun dengan sendiri; b) Menyusun Modul Ajar yang dibuat sendiri yang didalamnya menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL); c) menyiapkan sumber belajar. (2) Pelaksanaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu pada kegiatan awal guru mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran peserta didik, melakukan appersepsi, menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, menyampaikan tahapan selama proses pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menstimulasi peserta didik dengan memberikan sebuah gambar (Stimulasi), Pada kegiatan akhir guru membuat kesimpulan hasil belajar, bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dan guru mengajak semua siswa berdoa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190501 Crafts |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Mochammad Syahri Romadhon |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 12:53 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 12:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |