Kompetensei kepala madrasah sebagai leader dan manajer dalam pengembangan mutu pendidikan di MTs. Miftahul Ulum Suren Kabupaten Jember tahun pelajaran 2020/2021

Uflihatul Afifah, Arveta (2022) Kompetensei kepala madrasah sebagai leader dan manajer dalam pengembangan mutu pendidikan di MTs. Miftahul Ulum Suren Kabupaten Jember tahun pelajaran 2020/2021. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS FULL ARVETA_102730.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

ArvetaUflihatulAfifah, l2022 l: Kompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lleader ldan lmanajer ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan ldi lMTs. lMiftahul lUlum lSuren lkabupaten lJember ltahun lpelajaran l2020/2021. lTesis. lProgram lStudi lManajemen lpendidikan lIslam lPascasarjana lUniversitas l lIslam lNegeri lKH. lAchmad lSiddiq lJember. lPembimbing lI: lDr. lH. lSofyan lTsauri, lM.M. lPembimbing lII:Dr. lKhotibul lUmam, lM.A

KatalKunci: LKompetensilkepalalmadrasah,lleader,lmanajer,lpengembanganlmutulpendidikan.
Pendidikan lmerupakan lpondasi lutama lkemajuan lsuatu lbangsa. lApabila lsuatu lbangsa lmenyelenggarakan lpendidikan ldengan lbaik ldan lmaksimal lmaka lakan lsemakin lberkualitas lbangsa ltersebut lkemampuan lkepala lmadrasah lsangat lberpengaruh ldalam lmencapai ltujuan lyang lakan ldicapai loleh llembaga lpendidikan lyang ldikelolanya l lOleh lkarena litu luntuk lmewujudkan ltujuan ltersebut lkepala lmadrasah lharus lbenar-benar lmampu ldan lberkompeten ldalam lmenjalankan ltugasnya lsebagai lleader ldan lmanajer ldi llembaga. lKarena ldengan lkesungguhan lkepala lmadrasah ltersebut lakan lmemberikan lsemangat lkepada lseluruh lwarga lMadrasah. lDengan ldemikian lmutu lpendidikan lakan ltercapai.
Fokus lpenelitian lini ladalah: l(1) lBagaimana lkompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lleader ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan ldi lMTs lMiftahul lUlum lSuren lKabupaten lJember lTahun lPelajaran l2021/2022?.. (2) lBagaimana lkompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lmanajer ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan ldi lMTs lMiftahul lUlum lSuren lKabupaten lJember lTahun lPelajaran l2021/2022.
Penelitian lini lbertujuan luntuk: l(1) lMendeskripsikan l lkompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lleader ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan ldi lMTs lMiftahul lUlum lSuren lKabupaten lJember lTahun lPelajaran l2021/2022. l(2) lMendeskripsikan llkompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lmanajer ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan ldi lMTs lMiftahul lUlum lSuren lKabupaten lJember lTahun lPelajaran l2021/2022.
Penelitian lini lmenggunakan lPendekatan lkualitatif ldengan ljenis ldeskripstif. lLokasi lpenelitian lini ldilakukan ldi lMTs lMiftahul lUlum lSuren lkecamatan lLedokombo lKabupaten lJember, lSumber ldata ldalam lpenelitian lini lmenggunakan ldata lprimer ldan ldata lskunder. Teknik lpengumpulan ldata, yaitu: l(a) lMetode lobservasi,l(b)Metode linterview, l(c)Metode ldokumentasi.l lAnalisis ldata lmenggunakan l(a) lData lcollection,l(b) lData lcondensation, l,(c) lData ldiplay,d) l()()Conclusion. lKeabsahan ldata ldalam lpenelitian lini lmenggunakan ltriangulasi lsumber ldan lteknik.
Temuan penelitian ini yaitu:(l((1). lKompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lleader ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan lDi lMTs lMiftahul lUlum lSuren ltahun lpelajaran l2021/2022 ladalah: l(a) Pada laspek lkepribadiannya lyaitu lsebagai ltop lleader lselalu lmenjadikan ldirinyaluswah lhasanah. L(b) lPada laspek lsupervisi lyaitu lkepala lmadrasah lmembentuk lguru luntuk lmenjadi lprofesional ldengan lmensupervisi, lmengikutsertakan lbawahannya lmengikuti ldiklat, lworkshop, lMGMP. l(c) lPada laspek lsosial lyaitu lkepala lmadrasah lmelakukan lhabluminallah ldan lhablumminannas. 2). lKompetensi lkepala lmadrasah lsebagai lmanajer ldalam lpengembangan lmutu lpendidikan ldi lMTs lMiftahul lUlum lSuren ltahun lpelajaran l2021/2022 adalah: ldengan lkompetensi lmanajerialnya lkepala lmadrasah lmempersiapkan lprogram ldi lawal lsemester ldengan lmengajak ldewan lguru lmelakukan lprogram lkerja, lyaitu: l(a) lPlan lyaitu lmembuat lpromes/prosem. L(b) lDo lyaitu lmelaksanakan lprogram ldalam lproses lpembelajaran ldan lekstrakurikuler. (c) lCheck lyaitulmelaksanakan levaluasi lyaitu ldengan lmensupervisi. L (d) lAct lyaitu lmelakukan ltindak llanjut lpada lakhir lsemester ldengan lmemotivasi, lsaran ldan lmasukan. l

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: arveta arveta Arveta uflihatul
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:19
Last Modified: 07 Mar 2022 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4662

Actions (login required)

View Item View Item