IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESANTRIAN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) YAYASAN IZZATUL JANNAH KABUPATEN LUMAJANG

Huda, Shoffarawati (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESANTRIAN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) YAYASAN IZZATUL JANNAH KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shoffarawati Huda Skripsi (1).pdf

Download (8MB)

Abstract

Manajemen kesantrian sendiri merupakan proses kegiatan yang direncanakan dan dilaksankan secara sadar serta pembinaan secara kontinyu terhadap seluruh peserta didik mulai dari penerimaan peserta didik sampai lulus agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Oleh karena itu langkah awal yang dilakukan LKSA Izzatul Jannah Lumajang yakni mengelola manajemen kesantrian agar tujuan dari lembaga dapat tercapai.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana kegiatan penerimaan, seleksi dan penempatan santri baru di LKSA Yayasan Izzatul Jannah Kabupaten Lumajang; 2) Bagaimana kegiatan bimbingan santri di LKSA Yayasan Izzatul Jannah Kabupaten Lumajang; 3) Bagaimana peran alumni santri di LKSA Yayasan Izzatul Jannah Kabupaten Lumajang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan penerimaan, seleksi, penempatan santri baru, bimbingan santri dan peran alumni santri di LKSA Izzatul Jannah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggumnakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penarikan data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triagulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini diantaranya: 1) Proses penerimaan santri baru, mendaftar dengan mengisi form assesment dan melengkapai persyaratan masuk lembaga. Proses seleksi dilakukan demnan survei lokasi yang dilakukan oleh pihak lembaga secara langsung. Pada proses penempatan santri baru ditempatkan dengan santri yang sudah dikenal sebelumnya, nantinya akan ada rolling setiap pergantian semester; 2) Proses pembinaan dan pengembangan santri diikutsertakan dalam wajar pendidikan 12 tahun dengan menjalin kemitraan dengan sekolah-sekolah terdekat. Aktifitas harian yang dilakukan hampir sama dengan kegiatan di pondok pesantran seperti adanya kajian al Qur’an dan kitab. Bimbingan pengasuh dilakukan dengan langsung memberikan contoh kepada santri dan juga setiap santri memiliki buku harian berisi prestasi dan pelanggaran yang pernah dilakukan; 3) Dikatakan alumni ialah santri yang pernah mengemban pendidikan di LKSA Izzatul Jannah. lembaga juga menyediakan bekal tambahan yang nantinya bisa digunakan ketika tamat dari lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Depositing User: Shoffarawati Huda
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:11
Last Modified: 07 Jul 2025 06:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46645

Actions (login required)

View Item View Item