Pengaruh Kemampuan Membaca dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu Tahun Ajaran 2024/2025

Janna, Munawaroh Tul (2025) Pengaruh Kemampuan Membaca dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T20187056_SKRIPSI MUNAWAROH TUL JANNA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh Tul Janna, 2025: Pengaruh Kemampuan Membaca dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu Tahun Ajaran 2024/2025.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Minat Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika, khususnya pada soal cerita, merupakan kemampuan penting bagi siswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan karena tidak mampu memahami isi soal secara menyeluruh. Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu, sekitar 25% siswa tidak mampu menyelesaikan soal cerita dengan benar dan kerap salah memahami informasi dalam soal. Kesulitan ini diduga berkaitan dengan rendahnya kemampuan membaca dan kurangnya minat belajar. Kemampuan membaca sangat penting dalam memahami isi soal cerita, sementara minat belajar memengaruhi ketekunan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi persamaan garis lurus, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi persamaan garis lurus, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh simultan kemampuan membaca dan minat belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi persamaan garis lurus.
Metode penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 76 sampel dari 313 populasi siswa kelas VIII di MTs Al-Amien Ambulu dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis inferensial dan statistik deskriptif. Pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian tersebut memperoleh kesimpulan bahwa 1) ada pengaruh kemampuan membaca siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai thitung= 3,517 lebih besar dari ttabel = 1,993 pada taraf nyata 0,05. 2) Ada pengaruh minat belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai thitung= 2,677 lebih besar dari ttabel = 1,993 pada taraf nyata 0,05. 3) ada pengaruh kemampuan membaca siswa dan minat belajar siswa secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dibuktikan dengan hasil uji F yang diperoleh nilai Fhitung = 24,310 lebih besar dari Ftabel = 3,12 pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Munawaroh Tul Janna
Date Deposited: 04 Jul 2025 13:39
Last Modified: 04 Jul 2025 13:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46664

Actions (login required)

View Item View Item