PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 DENPASAR

Rahmawati, Eliyana Dwi (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA: STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIX ELIYANA DWI RAHMAWATI-212101010030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Eliyana Dwi Rahmawati, 2025: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Studi Kasus Di SMA Negeri 4 Denpasar.
Kata kunci: peran guru pendidikan agama Islam, nilai-nilai moderasi beragama

Indonesia adalah negara dengan keberagaman ras, etnis, suku, budaya, bahasa, dan agama, yang memberikan tantangan dan peluang dalam membangun harmoni sosial. Dalam konteks ini, moderasi beragama menjadi sangat penting untuk memastikan kohensi sosial ditengah pluralitas yang ada. Guru PAI di SMA Negeri 4 Denpasar memainkan peran sentral dalam menciptakan lingkungan yang inklusif melalui berbagai metode pembelajaran interaktif yang mendorong sikap toleransi, keterbukaan, dan saling menghormati antaragama.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pengajar Dalam Menanamkan Nilai Tasamuh (Toleransi) Di SMA Negeri 4 Denpasar? 2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembimbing Dalam Menanamkan Nilai Al-Islah (Perbaikan) Di SMA Negeri 4 Denpasar? 3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pribadi Dalam Menanamkan Nilai Al-Qudwah (Kepeloporan) dan Al-La ‘Unf (Anti Kekerasan) Di SMA Negeri 4 Denpasar?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pengajar Dalam Menanamkan Nilai Tasamuh (Toleransi) Di SMA Negeri 4 Denpasar. 2) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembimbing Dalam Menanamkan Nilai Al-Islah (Perbaikan) Di SMA Negeri 4 Denpasar. 3) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pribadi Dalam Menanamkan Nilai Al-Qudwah (Kepeloporan) dan Al-La ‘Unf (Anti Kekerasan) Di SMA Negeri 4 Denpasar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik truangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini: Peran guru pendidikan agama Islam sangat penting dalam membentuk sikap toleransi dan penghargaan antarumat beragama di kalangan siswa. Melalui pendekatan pengajaran yang inklusif dan program seperti pengajian rutin, guru menanamkan nilai moderasi beragama dan kemampuan berpikir kritis, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan inklusif. Dengan sikap sopan dan empati, guru menjadi teladan bagi siswa, mendorong mereka untuk bersikap adil dan menjaga kerukunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Eliyana Dwi Rahmawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 13:49
Last Modified: 04 Jul 2025 13:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46667

Actions (login required)

View Item View Item