Rofikoh, Qutsiati (2025) Pengaruh penerapan problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII b di mtss fatihul ulum al-mahfudz jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
QUTSIATI ROFIKOH_T20187061.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Qutsiati Rofikoh, 2025: Pengaruh Penerapan Problem based learning Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B di MTsS Fatihul Ulum Al-Mahfudz Jember
Kata kunci: pengaruh, penerapan, problem based learning, hasil belajar.
Dalam pendidikan, kemampuan siswa diasah melalui masalah, sehingga
siswa mampu meningkatkan berbagai kompetensi yang dimilikinya. Namun,
kenyataannya banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami
konsep matematika. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika
di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di tingkat SMP/MTs.
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh
Problem based learning dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar
siswa keas VIII B di MTsS Fatihul Ulum Al-Mahfudz. Adapun tujuan penelitian
ini adalah mengetahui adanya pengaruh model Problem based learning dalam
pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsS Fatihul
Ulum Al-Mahfudz Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design. Desain
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest
Design. Dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian
ini menggunakan satu kelas yaitu kelas VIII B. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunkan uji
prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata
pretest adalah 32 dan nilai rata-rata posttest 68. Berdasarkan hasil uji paired
sample t-test dapat dilihat bahwa nilai sig. (2 –tailed) sebesar 0,001 yang mana
nilai ini kurang dari 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara hasil pretest dan posttest dalam penerapan problem based
learning pada kelas eksperimen. Dalam penelitian ini penerapan problem based
learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B di MTsS Fatihul
Ulum Al-Mahfudz Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Qutsiati Rofikoh |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 13:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 13:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |