STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK TABUNGAN HAJIiB DI BANK MEGA SYARIAH KCPTRANSMARTJEMBER

Augusta Robe, Augusta Robe (2025) STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK TABUNGAN HAJIiB DI BANK MEGA SYARIAH KCPTRANSMARTJEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Moch. Sandy Augusta Robet.pdf

Download (4MB)

Abstract

Moch Sandy Augusta Robet, Ahmad Fauzi. 2025: Strategi Pemasaran Pada
Produk Tabungan Haji iB di Bank Mega Syariah KCP Transmart Jember
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Haji.
Dalam kompetisi di dunia perbankan, masing -masing bank harus memiliki
strategi untuk memenangkan kompetisi dan mencapai tujuan utamanya. Di dunia
perbankan Syariah, ada banyak produk yang menawarkan kepada calon nasabah.
Salah satunya produk Tabungan Haji iB yang ditawarkan oleh Bank Mega
Syariah. Tabungan Haji iB merupakan produk tabungan yang ditujukan untuk
nasabah perorangan yang diperuntukkan untuk merencanakan dana keberangkatan
ibadah haji. Oleh sebab itu Bank sebagai lembaga keuangan perlu
mengkomunikasikan setiap produk yang mereka tawarkan.
Fokus Penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Strategi Promosi dalam
Pemasaran Tabungan Haji iB di Bank Mega syariah KCP Transmart Jember? 2.
Bagaimna Segmentasi Pasar dan Targeting dalam Pemasaran Tabungan Haji iB di
Bank Mega syariah Cabang Jember ?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk Mengetahui Strategi Promosi dalam
Pemasaran Tabungan Haji iB di Bank Mega syariah Cabang Jember. 2. Untuk
Mengetahui Segmentasi Pasar dan Targeting dalam Pemasaran Tabungan Haji iB
di Bank Mega syariah KCP Transmart Jember?
Studi ini menggunakan penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif.
Teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi Promosi dalam
Pemasaran Tabungan Haji iB di Bank Mega syariah Cabang Jember meliputi:
(Penjualan Pribadi), Direct marketing (pemasaran langsung), word of
mouth (komunikasi dari mulut ke mulut), tabungan haji poris, tabungan haji non
porsi 2. Segmentasi Pasar dan Targeting dalam Pemasaran Tabungan Haji iB di
Bank Mega syariah Cabang Jember.
Bahwa dengan menerapkan beberapa model pemasaran atau promosi di
berbagai tempat, termasuk pesantren, diharapkan dapat menarik perhatian
masyarakat untuk membuka tabungan haji IB di Bank Mega Syariah KCP
Transmart Jember. Target pasar utamanya adalah masyarakat di sekitar wilayah
Jember yang berpotensi membuka tabungan haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Unnamed user with email sandyaugusta575@gmail.com
Date Deposited: 04 Jul 2025 14:15
Last Modified: 04 Jul 2025 14:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46710

Actions (login required)

View Item View Item