MANAJEMEN PROGRAM KHUSUS PADA PEMBELAJARAN ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI JEMBER

Fitriatus Sholeha, Destia (2025) MANAJEMEN PROGRAM KHUSUS PADA PEMBELAJARAN ANAK TUNA RUNGU DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) NEGERI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DESTIA FITRIATUS SHOLEHA FINAL 5.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen , Program Khusus, Anak Tuna Rungu
Manajemen Program Khusus merupakan pendekatan terstruktur terhadap pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. Pendekatan ini mencakup penilaian berdasarkan kebutuhan siswa, pengorganisasian sumber daya, penerapan menggunakan metode yang fleksibel, serta pemantauan dan evaluasi berkala untuk memastikan efektivitas pengajaran..Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana manajemen program khusus pada pembelajaran dapat diterapkan di Sekolah Dasar Luar Biasa dengan cara yang efisien.
Fokus penelitian dalam penulisan proposal ini adalah : 1.) Bagaimana Perencanaan Program Khusus Pada Pembelajaran Anak Tuna Rungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Jember ? 2.) Bagaimana Pelaksanaan Program Khusus Pada Pembelajaran Anak Tuna Rungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Jember ? 3.) Bagaimana Evaluasi Program Khusus Pada Pembelajaran Anak Tuna Rungu di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Jember ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Perencanaan Program Khusus Pada Pembelajaran Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Jember. 2.) Untuk Mendeskripikan Bagaimana Pelaksanaan Program Khusus Pada Pembelajaran Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Jember. 3.) Untuk Mendeskripsikan Bagaiamana Evaluasi Program Khusus Pada Pembelajaran Anak Tuna Rungu Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semi terstruktur,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman,dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perencanaan Program Khusus Pembelajaran Anak Tuna dilaksanakan melalui langkah-langkah awal seperti analisis lingkungan, pengembangan kurikulum, dan pengembangan silabus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. 2) pelaksanaannya, program ini menggunakan buku PKPBI, alat peraga berupa gambar dan video, pembelajaran berbasis peran, latihan bunyi, dan alat bantu dengar pada beberapa siswa. 3) Setiap semester, evaluasi dilakukan dengan meninjau proses, menganalisis hasil pembelajaran, dan menilai kinerja guru untuk memastikan bahwa proses pengajaran berjalan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Destia Fitriatus Sholeha
Date Deposited: 04 Jul 2025 14:25
Last Modified: 04 Jul 2025 14:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46715

Actions (login required)

View Item View Item