UTAMI, ANNISA RISKI (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X IPS 2 MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM JEMBER JAWA TIMUR 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ANNISA RISQI UTAMI_T20181364.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Annisa Risqi Utami, 2023 : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembentukan karakter pada peserta didik di Madrasah Aliyah wahid hasyim Jember Jawa timur 2022/ 2023.
Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Pembentukan karakter, Madrasah Aliyah
Perkembangan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang dianut dan diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Sebagai bangsa yang berdaulat, bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai budaya luhur yang bersumber dari pancasila. Pancasila, disamping sebagai dasar negara, juga berfungsi sebagai falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara, yang mencerminkan unsur-unsur karakter relegiusitas, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Inilah sebenarnya yang menjadi ciri khas atau karakter sekaligus sebagai identitas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Di Indonesia saat ini masih banyak masalah-masalah yang belum terselesaikan dengan baik, khususnya dalam dunia pendidikan, baik soal mutu, efektivitas, maupun efesien pendidikan itu sendiri. Masalah-masalah tersebut banyak menimbulkan keresahan pada masyarakat, sehingga harus ditanggapi secara serius tidak hanya dari pemerintah saja namun juga dari kalangan masyarakat demi suksesnya pendidikan itu sendiri. Bahkan dampak dari globalisasi yang semakin berkembang. Sedikit demi sedikit telah merusak karakter pendidikan bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam.
Fokus penelitian skripsi ini adalah : Bagaimana Pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter kejujuran, kedisiplinan pada peserta didik di Madrasah Aliyah wahid hasyim Jember ? Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama islam sebaagai dalam upaya pembentukan karakter kejujuran, kedisiplinan dalam membentuk peserta didik di Madrasah Aliyah wahid hasyim Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, Adapun dengan jenis penelitian yang di gunakan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu ialah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di lakukan sesuai teori Miles Hibermen yakni : Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini yaitu : 1) Dalam membentuk karakter kejujuran, kedisiplinan, sebagai pembentukan karakter pada peserta didik Madrasah Aliyah wahid hasyim Jember menerapkan kegiatan rutinan harian yang terdiri dari a) pembacaan wirid, b) Sholat dhuha berjama’ah memakai kopyak dan mukenah, c) kegiatan Pembelajaran, dan sholat dzuhur berjama’ah. Kegiataan bulanan terdiri dari a) khotmil Qur’an, b) istighasah bersama, Anjangsana rutinan. Kegiatan insidentil terdiri dari kegiatan Perayaan Hari Besar dengan tampilan Islami dan sholawatan Islami. 2) Dalam pembentukan karakter kejujuran, kedisiplinan pada peserta didik Madrasah Aliyah wahid hasyim Jember memberikan tata tertib yang harus ditaati oleh peserta didik, yang terdiri dari a) tata tertib Madrasah b) tata tertib kegiatan keagamaan, c) kegiatan ekstrakulikuler pramuka, futsal, voli, sepak bola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd ANNISA RISQI UTAMI |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 09:35 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 09:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |