PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER TAHUN AKADEMIK 2024/2025

Khofifah Tri, Noviawati (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER TAHUN AKADEMIK 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
new Khofifah Tri Noviawati NIM 212101030012.pdf

Download (5MB)

Abstract

Khofifah Tri Noviawati, 2025: Pengaruh Kualitas Pelayanan Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Laboratorium, Kepuasan Mahasiswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan lembaga pendidikan yang menyediakan berbagai bentuk layanan untuk mendukung proses pembelajaran. Pelayanan dalam lembaga pendidikan berupa laboratorium yang merupakan tempat untuk praktikum dalam bidang ilmu tertentu seperti fisika, kimia, biologi dan sebagainya.
Rumusan Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah persepsi mahasiswa tadris biologi tentang kualitas pelayanan laboratorium FTIK di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Bagaimanakah tingkat kepuasan mahasiswa tadris biologi terhadap kualitas pelyanan laboratorium FTIK UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 3) Apakah kualitas pelayanan Laboratorium FTIK yang meliputi dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Emphaty dan Assurance, berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa tadris bilogi di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 4) Apakah kualitas pelayanan laboratorium FTIK yang meliputi dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Emphaty dan Assurance berpengaruh secara individu terhadap kepuasan mahasiswa tadris biologi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi meliputi mahasiswan tadris biologi dari angkatan 2021 sampai 2024 dengan jumlah 340 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel 80 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik pengumpulan sampel simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data mengunakan regresi linier berganda.
Hasil menunjukkan bahwa : 1) persepsi mahasiswa tentang pelayanan laboratorium pada dimensi tangible tangible diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,31 variabel reliability sebesar 3,36,variabel responsiveness sebesar 3,43, variabel empaty sebesar 3,66 dan variabel assurance sebesar 3,55. 2) Tingkat kepuasan mahasiswa berada dalam kategori sedang sebesar 42 %. 3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan pelayanan laboratorium terhadap kepuasan mahasiswa tadris biologi. 4) Terdapat tiga variabel berpengaruh signifikan pelayanan laboratorium secara individu yaitu variabel tangible ,empaty, dan assurance dan terdapat dua variabel reliability dan responsiveness tidak berpengaruh signifikan secara individu terhadap kepuasan mahasiswa tadris biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khofifah Tri Noviawati
Date Deposited: 04 Jul 2025 14:40
Last Modified: 04 Jul 2025 14:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46740

Actions (login required)

View Item View Item