PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAULL (GAMES EDUCATION WORLD WALL) DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS 4 DI SDI BAITUSSALAM TOYAMAS DESA WRINGINREJO KECAMATAN GAMBIRAN KAB. BANYUWANGI SKRIPSI

Khoirun Nisa’, Nikita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAULL (GAMES EDUCATION WORLD WALL) DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS 4 DI SDI BAITUSSALAM TOYAMAS DESA WRINGINREJO KECAMATAN GAMBIRAN KAB. BANYUWANGI SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi Nikita Khoirun Nisa' T20194035.pdf

Download (39MB)

Abstract

Nikita Khoirun Nisa’,2025: Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis
GAULL (Games Education Word Wall) dalam Pembelajaran PPKN Kelas 4 Di SDI
Baitussalam Toyanmas Desa Wringinrejo Kecamatan Gambiran Kab. Banyuwangi
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, GAULL (Games Education
Wordwall), PPKN; Kelas 4, SDI Baitussalam Toyamas.
Pengembangan media pembelajaran akibat dari metode pembelajaran yang dianggap
membosankan dan sifatnya yang formalistik. Pandangan formalistik ini tereflesikan dari
metode pembelajaran yang hanya bertumpu pada pembelajaran dengan model ceramah.
Hal ini tidak saja membosankan akan tetapi bagi peserta didik juga tidak menarik,
akibatnya peserta didik apatis pada materi-materi yang diajarkan, terlebih pada
pembelajaran yang bersifat teoritik seperti halnya pembelajaran PPKN. Guru dituntut
kreatif dan inovatif dalam menciptakan metode pembelajaran yang menarik perhatian
para peserta didik. Salah satu media yang digunakan dalam upaya membantu peserta
didik memahami materi adalah media GAULL (Games Education Wordwall). Fokus
dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengembangan media GAULL dalam
pembelajarn PPKN kelas 4 SDI Baitussalam.
Adapun dari penelitian adalah mengidentifikasi efektivitas dari penggunaan media
GAULL pembelajaran PPKN dengan materi Membangun Jati Diri dalam Kebhikeaan.
Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah pertama, menganalisis pengembangan
media pembelajaran digital berbasis GAULL (Games Education Wordwall) untuk kelas
IV di SDI Baitusaalam Toyamas. Kedua, menganalisis kevalidan pengembangan media
pembelajaran digital berbasis GAULL (Games Education Wordwall) untuk kelas IV di
SDI Baitusaalam Toyamas. Ketiga, menganalisis kemenarikan produk pengembangan
media pembelajaran digital berbasis GAULL (Games Education Wordwall) untuk kelas
IV di SDI Baitusalam Toyamas.
Maka metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and
development. Adapun Pendekatannya adalah pendekatan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation dan Evaluation) yang memungkinkan untuk dalam
mengidentifikasi efektivitas dari media GAULL. Adapun Data yang digunakan adalah
data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuisioner yang dibagikan
kepada peserta didik. Fokus utama dalam penelitian ini adalah.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, Pertama, pengembangan media
GAULL dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dari peserta didik dan saran dari
para ahli media dan ahli materi. Kedua, Validitas pengembangan media GAULL
diperoleh dari ahli media 88% dan ahli materi memberikan penilaian 90.67%. Artinya
pengembangan media GAULL dianggap valid untuk dapat diejawantahkan dalam
pembelajaran PPKN terkhusus pada tema Membangun Jati diri dalam Kebhinekaan.
Ketiga, efektifitas dari media GAULL juga tergambar dari hasil pengujian dengan
bantuan SPSS dengan nilai uji t sebsar 0.03 < 0.05 dianggap efektif. Hal ini juga
terefleksi dari hasi pre-test dan post yang diperoleh dengan nilai rata-rata pre-test 59.09
dan post-test 95.2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nikita Khoirun Nisa'
Date Deposited: 04 Jul 2025 15:32
Last Modified: 04 Jul 2025 15:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46822

Actions (login required)

View Item View Item