Korelasi Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2024/ 2025

Winarsieh, Indah (2025) Korelasi Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2024/ 2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Winarsieh-Tadris Matematika-T20187074-Watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Indah winarsieh, 2025: Korelasi Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Motivasi Bealajar, Hasil Belajar
Latar belakang dalam penelitian ini yakni faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu faktor internal yang meliputi kesehatan, intelegensi, bakat, minat, dan cara belajar. Tidak hanya itu saja, faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2024/ 2025. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2024/ 2025. 3) Mengetahui korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2024/ 2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian korelasional, dilaksamakan di SMP Negeri 1 Jenggawah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 348 siswa. sampel ditentukan dengan rumus Slovin menjadi 77 siswa (setelah pembulatan). Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan memilih 2 kelas yang berjumlah 80 siswa. instrumen penelitian berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2024/2025 terdapat sebanyak 63 siswa atau 78,75%, termasuk dalam kategori tinggi, dan 12 siswa atau 15% bahkan mencapai kategori sangat tinggi. Hanya ada 5 siswa atau 6,25% yang termasuk dalam kategori sedang. 2) Hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai ulangan harian matematika (UH) dikategorikan baik. Diketahui bahwa hasil belajar dari 80 siswa sebanyak 2 siswa (2,5%) berada pada kategori sangat tinggi, 22 siswa (27,5%) termasuk dalam kategori tinggi, dan 46 siswa (57,5%) tergolong dalam kategori sedang, sementara 10 siswa (12,5%) lainnya dalam kategori rendah. 3) Setelah dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi rank spearman didapatkan hasil bahwa kedua variabel saling berkorelasi. Dengan nilai rho sebesar 0,751 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien korelasinya berada pada rentang hingga menerangkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar belajar matematika. Karena nilai signifikansi 0,05 maka diterima dan ditolak, yang artinya terdapat korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelasa VIII SMP Negeri 1 Jenggawah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Indah Winarsieh
Date Deposited: 04 Jul 2025 15:41
Last Modified: 04 Jul 2025 15:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46825

Actions (login required)

View Item View Item