Optimalisasi Manajemen Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Dalam Mengembangkan Karakter Hormat Dan Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalisat Jember

Ma'dilah, Dela Mudmahillah Tul (2025) Optimalisasi Manajemen Program Sekolah Ramah Anak (Sra) Dalam Mengembangkan Karakter Hormat Dan Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DELA MUDMAHILLAH TUL.M_212101030027_REVISI FIKS.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Program Sekolah Ramah Anak (SRA), Karakter Hormat dan Tanggung Jawab, Peserta Didik.
Pendidikan karakter menjadi sangat penting dalam era modern karena kemajuan globalisasi, teknologi, dan dinamika sosial yang menimbulkan tantangan baru bagi pembentukan karakter peserta didik. Banyak cara untuk mengembangkan karakter peserta didik, salah satunya penerapan program SRA di sekolah, seperti di SMPN 1 Kalisat, yang menekankan pemenuhan hak peserta didik melalui sikap pendidik dalam pembelajaran dan pembiasaan di sekolah.
Fokus dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana optimalisasi perencanaan program SRA dalam mengembangkan karakter hormat dan tanggung jawab pada peserta didik di SMPN 1 Kalisat Jember?, 2) Bagaimana optimalisasi pelaksanaan program SRA dalam mengembangkan karakter hormat dan tanggung jawab pada peserta didik di SMPN 1 Kalisat Jember?, 3) Bagaimana optimalisasi evaluasi program SRA dalam mengembangkan karakter hormat dan tanggung jawab pada peserta didik di SMPN 1 Kalisat Jember?.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam pelaksanaan manajemen program Sekolah Ramah Anak (SRA). Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kalisat Jember sebagai lokasi studi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipasi pasif untuk mengamati langsung situasi dan aktivitas di lapangan, wawancara semi terstruktur untuk memperoleh informasi mendalam dari informan kunci, serta dokumentasi untuk melengkapi dan menguatkan temuan. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data (meringkas dan memilih data yang relevan), penyajian data dalam bentuk narasi, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber agar data yang diperoleh valid dengan kondisi lapangan penelitian.
Hasil penelitian: 1) SMPN 1 Kalisat merancang Program SRA secara menyeluruh melalui kebijakan, pembiasaan, dan sarana prasarana untuk menanamkan karakter hormat dan tanggung jawab serta menciptakan lingkungan belajar yang ramah anak. 2) Program SRA di SMPN 1 Kalisat dilaksanakan secara sistematis untuk membangun budaya sekolah positif dan mendukung karakter hormat serta tanggung jawab siswa. 3) Evaluasi Program SRA di SMPN 1 Kalisat dilakukan melalui umpan balik dari peserta didik dan guru untuk menilai dampak penerapan program, mengidentifikasi temuan lapangan, serta merumuskan rekomendasi pengembangan guna menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Dela Mudmahillah Tul Ma'dilah
Date Deposited: 05 Jul 2025 01:30
Last Modified: 05 Jul 2025 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46922

Actions (login required)

View Item View Item