Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kalisat Jember

Triyantoro, Fariz Maulana (2025) Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FARIZ MAULANA TROYANTORO_212101030043_REVISI FIKS.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital, Efektivitas Pembelajaran.
Transformasi digital di dalam dunia pendidikan telah menjadi kebutuhan mendesak demi menghadapi perubahan tuntutan masyarakat yang semakin dinamis. Digitalisasi dalam pendidikan adalah kemampuan untuk menghadirkan berbagai perspektif dan pendekatan pendidikan untuk digitalisasi. Sekolah Menengah Atas Negeri Kalisat Jember menerapkan manajemen pembelajaran berbasis digital dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan berupaya menjawab tantangan pendidikan dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia yang semakin Modern.
Fokus pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas negeri kalisat jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas negeri kalisat jember?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas negeri kalisat jember?. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas negeri kalisat jember. 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas negeri kalisat jember. 3) Evaluasi pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah menengah atas negeri kalisat jember.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan Langkah Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran berbasis digital di SMAN Kalisat dirancang secara komprehensif untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman. Integrasi teknologi dalam kurikulum, dukungan fasilitas, serta keterlibatan aktif guru dan siswa menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan inovatif. 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis digital di SMAN Kalisat telah berjalan dengan baik dan menunjukkan kemajuan nyata dalam pembelajaran, manajemen, dan keamanan sistem. 3) Manajemen pembelajaran berbasis digital di SMAN Kalisat berhasil dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, dengan dukungan kesiapan teknologi dan evaluasi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Man Fariz Maulana Triyantoro
Date Deposited: 05 Jul 2025 01:32
Last Modified: 05 Jul 2025 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46923

Actions (login required)

View Item View Item