PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA ANNURIYYAH KALIWINING JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Sari, Fany Amelia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA ANNURIYYAH KALIWINING JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fany Amelia Sari_211101010072.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keaktifan belajar peserta didik sangatlah penting untuk ditingkatkan karena dapat mempengaruhi hasil dan prestasi belajar mereka. Terutama pada pemahaman mata pelajaran Akidah Akhlak yang berperan dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik. Namun berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di MA Annuriyyah Kaliwining Jember, 75% peserta didik kelas X cenderung pasif selama proses pembelajaran. Bahkan mereka juga banyak yang tidur selama pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan sekitar 75% peserta didik kelas X ini merupakan santriwati pondok pesantren Annuriyyah yang menjalani padatnya jadwal pondok.Salah satu cara agar peserta didik menjadi pribadi yang aktif dan interaktif selama proses pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two
Stray.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Annuriyya Kaliwining Jember tahun pelajaran 2024/2025?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Annuriyya Kaliwining Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Annuriyyah Kaliwining Jember. Berdasarkan pada nilai rata-rata angket keaktifan belajar pada kelas eksperimen, sebelum diberikan perlakuan adalah sebesar 67,50 dan meningkat menjadi sebesar 69 setelah diberikan perlakuan. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray tidak berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Annuriyyah Kaliwining Jember. Hal tersebut dibuktikan dengan pengolahan data uji Independent Sample T-Test keaktifan belajar diketahui nilai Sig. (2-tailed) 0, 453 > 0,05.
Kata Kunci: model pembelajaran, Two Stay Two Stray, keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fany Amelia Sari
Date Deposited: 05 Jul 2025 02:44
Last Modified: 05 Jul 2025 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46955

Actions (login required)

View Item View Item