Permatasari, Intan Dwi (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV AL-AZIZ DI MI NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
INTAN WATERMARK 2.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis HOTS ini dilakukan sebagai respon terhadap kurangnya alat pembelajaran yang digunakan terutama pada mata pelajaran IPAS pada bab V cerita tentang daerahku di MI Negeri 1 Jember. Dikarenakan pada zaman sekarang teknologi telah berada dititik canggih atau serba mudah maka dari itu siswa perlu diperkenalkan berbagai alat untuk mempermudah pembelajaran seperti laptop maupun hp yang bisa digunakan untuk pengerjaan E-LKPD.
Penelitian pengembangan E-LKPD ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk berupa E-LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS kelas IV Al-Aziz di MI Negeri 1 Jember, 2) Mendeskripsikan kelayakan dari E-LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS kelas IV Al-Aziz di MI Negeri 1 Jember, 3) Untuk mengetahui kepraktisan E-LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Negeri 1 Jember, 4) Mendeskripsikan keefektivitasan pengembangan E-LKPD berbasis HOTS pada mata pelajaran IPAS kelas IV Al-Aziz di MI Negeri 1 Jember.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah pengembangannya, yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi.
Hasil peneliti dalam pengembangan 1) E-LKPD berbasis HOTS ini berupa LKPD yang diciptakan dengan memanfaatkan teknologi sehingga berbentuk E-LKPD yang dikerjakan melalui handphone.2) Pengembangan ini menggunakan metode ADDIE yang telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 87%. Sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 95% dan ahli pembelajaran sebesar 90%. Dari keseluruhan presentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung presentase rata – rata yaitu sebesar 90,5% dengan kualifikasi valid dan layak digunakan. 3) Angket yang diberikan pada siswa juga menunjukkan hasil bahwa siswa setuju dengan adanya E-LKPD dan untuk guru kelas mencapai 86%.4) Hasil uji coba penggunaan E-LKPD berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh hasil 0,36 dengan kategori sedang, angket yang diberikan pada siswa juga menunjukkan hasil bahwa siswa setuju dengan adanya E-LKPD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, HOTS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210201 Archival, Repository and Related Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ny Intan dwi Permatasari |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/46969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |