Zanah, Firdaussinisa Fauziyatul (2025) PEMBINAAN SANTRI UNTUK MEMBENTUK KOMPETENSI CALON GURU TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PESANTREN TAHFIZH DAARUL QUR’AN TAKHASSUS BANYUWANGI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Firdaussinisa Fauziyatul Zanah- T20181454.pdf Download (2MB) |
Abstract
Firdaussinisa Fauziyatul Zanah, 2024. Pembinaan Santri Untuk Membntuk Kompetensi Calon Guru Tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi Tahun 2024.
Menghafal Al-Qur’an bukanlah tugas yang mudah, namun juga bukan perkara yang tidak mungkin. Dalam proses pelaksanaannya dibutuhkan sosok guru pendamping yang benar-benar memiliki kompetensi di bidangnya. Menjadi seorang guru tahfidz dalam membimbing hafalan Al-Qur’an santri tentu tidaklah mudah, karena guru tahfidz harus mempunyai strategi dan metode tersendiri dalam mengajar agar santri mudah memahami materi yang disampaikan lebih utamanya dalam menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Hal ini berkaitan dengan kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru tahfidz Al-Qur’an. Jika seorang guru tahfidz mempunyai kompetensi yang mumpuni di berbagai aspek guna terwujud seorang santri yang luar biasa, bertakwa, berkualitas, berakhlak dan memiliki cara pandang yang luas sesuai dengan tujuan pendidikan untuk melahirkan para guru Al-Qur’an yang memenuhi kriteria sebagai seorang guru tahfidz Al-Qur’an yang mumpuni, maka diperlukan proses pembinaan para calon guru tahfidz Al-Qur’an demi menunjang keberhasilan para generasi Qur’ani di masa mendatang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan santri untuk membentuk kompetensi pedagogik calon guru tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi Tahun 2024? 2) Bagaimana pembinaan santri untuk membentuk kompetensi profesional calon guru tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi Tahun 2024? 3) Bagaimana pembinaan santri untuk membentuk kompetensi kepribadian calon guru tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi Tahun 2024? 4) Bagaimana pembinaan santri untuk membentuk kompetensi sosial calon guru tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi Tahun 2024?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memproleh hasil bahwa proses pembinaan santri untuk membentuk kompetensi calon guru tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Takhassus Banyuwangi yaitu : 1) Pembinaan Kompetensi Pedagogik dengan Pembelajaran teori-teori tajwid dengan nadzam Tuhfatul Athfal dan Al- Jazariy 2) Pembinaan Kompetensi Profesional dengan pelaksanaan uji kompetensi Al-Qur’an berdasarkan ketentuan Lembaga Sertifikasi Profesi Daarul Qur’an, 3) Pembinaan Kompetensi Kepribadian dengan penerapan konsep uswatun hasanah, ibda’ bi nafsika dalam pelaksanaan hal-hal yang positif dan pembiasaan Daqu Method, 4) Pembinaan Kompetensi sosial dengan Menerapkan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dan membangun sinergi dan mempererat hubungan para pengurus dan pengajar Al-Qur’an melalui agenda rapat evaluasi mingguan serta mengikuti kegiatan bersama warga sekitar pesantren.
Kata kunci : Pembinaan Santri, Kompetensi Guru, Tahfidz Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | T20181454 Firdaussinisa Fauziyatul Zanah |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 05:59 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 05:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |