Systematic Literature Review Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA.

Siti, Muawanah (2025) Systematic Literature Review Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI MUAWANAH_T20188003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Muawanah, 2025: Systematic Literature Review Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA.
Kata Kunci: STEM, Berpikir Kritis, Biologi
Perkembangan ilmu pendidikan yang sejalan dengan kemajuan zaman dan teknologi menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran, termasuk dalam bidang sains seperti Biologi. Melalui penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) mampu mendorong pembelajaran berbasis pemecahan masalah nyata, integrasi lintas disiplin, dan pengembangan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas. Dalam konteks pembelajaran Biologi, Kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah apalagi yang melalui pendekatan konvensional, dengan pendekatan STEM siswa mampu mengembangkan konsep secara kontekstual dan membangun kepedulian terhadap isu global seperti lingkungan dan Kesehatan melalui kemampuan dalam berpikir kritis sehingga menemukan solusi penanganannya. Kemampuan berpikir kritis diartikan sebagai suatu proses intelektual yang mampu menciptakan konsep, penerapan, serta sintesis untuk evaluasi informasi yang didapat baik dari observasi, pengalaman, refleksi, dan pikiran. Sayangnya, implementasinya STEM di Indonesia masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan guru, dan dominasi pendekatan konvensional. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu masih perlu untuk dikaji lebih dalam terkait hal yang perlu dievaluasi terhadap pembelajaran STEM di SMA/MA pada pembelajaran biologi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis terhadap bagaimana pengaruh pendekatan STEM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Biologi di tingkat SMA/MA.
Pendekatan penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (Library Research) dengan Jenis atau tipe penelitiannya adalah dengan SLR (Systematic Literature Review) dengan prosedur PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses). Data didapatkan dari jurnal elektronik, buku, dan artikel-artikel melalui Google Cendekia dan Garuda dari cakupan international dan nasional dengan hasil yang dituliskan secara deskriptif-analisis.
Hasil penelitian ini menemukan 6 artikel yang sudah lolos berdasarkan kriteria Systematic literature review, pendekatan STEM terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA dalam pembelajaran Biologi. Melalui pendekatan STEM siswa dilatih untuk aktif memecahkan masalah nyata, menganalisis, mengevaluasi, dan merefleksikan konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Siti Muawanah
Date Deposited: 06 Jul 2025 06:27
Last Modified: 06 Jul 2025 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47020

Actions (login required)

View Item View Item