PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT , DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DALAM KONTEKS FRUGAL LIVING DI KABUPATEN JEMBER

Soleha, Alviatus (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, DIGITAL PAYMENT , DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DALAM KONTEKS FRUGAL LIVING DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALVIATUS SOLEHA-212105010062.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alviatus Soleha, Dhenari Dhahana Edtiyarsih. 2025: Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment, Dan Sikap Keuangan Terhadap Minat Belanja Online Dalam Konteks Frugal Living Di Kabupaten Jember
Kata kunci: Literasi keuangan, digital payment, sikap keuangan, minat belanja online, masyarakat Jember
Di era globalisasi, teknologi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern karena mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia. Salah satunya Sektor keuangan di Indonesia yang mengalami dampak signifikan dari perkembangan teknologi saat ini. Adanya perubahan sistem transaksi masyarakat yang berawal dari tunai menjadi non-tunai. Perubahan mempengaruhi industri perbankan sebagai penyedia layanan keuangan. Perbankan merespons perkembangan ini dengan berbagai strategi untuk meningkatkan pendapatan non-bunga (fee based income), salah satunya melalui kerja sama dengan platform e-commerce. Bank terus mengembangkan layanan seperti mobile banking dan internet banking yang menawarkan kemudahan transaksi tanpa batasan ruang dan waktu.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap minat belanja online di kabupaten Jember? 2) Apakah digital payment berpengaruh terhadap minat belanja di online di kabupaten Jember? 3) Apakah sikap keuangan berpengaruh terhadap minat belanja online di kabupaten Jember? 4) Apakah literasi keuangan, digital payment, dan sikap keuangan berpengaruh secara simultan terhadap minat belanja online di kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan Terhadap Minat Belanja online di kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh digital payment Terhadap Minat Belanja online di kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh sikap keuangan Terhadap Minat Belanja online di kabupaten Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara literasi keuangan, digital payment, dan sikap keuangan terhadap minat belanja online di kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis Asosiatif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Jember yang memiliki atau pernah menggunakan E-commerce dengan jumlah sampel 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji instrument data, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis.
Simpulan penelitian ini adalah 1) Literasi keuangan berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat belanja online dalam konteks frugal living di Kabupaten Jember. 2) Digital payment berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat belanaja dalam konteks frugal living di kabupaten Jember. 3) sikap keuangan berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat belanaja dalam konteks frugal living di kabupaten Jember. 4) Literasi keuangan, Digital payment, dan sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat belanaja dalam konteks frugal living di kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Alviatus Soleha
Date Deposited: 06 Jul 2025 07:01
Last Modified: 06 Jul 2025 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47024

Actions (login required)

View Item View Item