Sakdiyah, Umi Salamatus (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Artificial Intelligence Pada Materi Teks Eksplanasi Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Watermark.pdf Download (3MB) |
Abstract
Umi Salamatus Sakdiyah, 2025: Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Artificial Intelligence pada Materi Teks Eksplanasi Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar Digital, Teks Eksplanasi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik kelas V Bilal bin Rabah di MIN 3 Jember terhadap materi teks eksplanasi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, serta keterbatasan waktu dalam pembelajaran yang menyebabkan guru jarang menggunakan media. Dampaknya, peserta didik cenderung merasa bosan dan kurang memahami materi bacaan. Karenanya peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence (AI) untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menyenangkan, dan relevan dengan perkembangan teknologi.
Rumusan masalah pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana desain produk media pembelajaran buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence pada materi teks eksplanasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence pada materi teks eksplanasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember? 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence pada materi teks eksplanasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui desain produk media pembelajaran buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence pada materi teks eksplanasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence pada materi teks eksplanasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember. 3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran buku cerita bergambar digital berbasis artificial intelligence pada materi teks eksplanasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT (Membuat naskah cerita), Leonardo AI (Mengubah tulisan menjadi gambar), Kling AI dan Hailuo AI (Mengubah gambar menjadi video), serta ElevenLabs (Mengubah tulisan menjadi suara); (2) Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat tinggi, yakni validasi ahli media (96%), ahli materi (92%), ahli bahasa (92%), dan ahli pembelajaran (89%); dan (3) Respon peserta didik terhadap media menunjukkan persentase sebesar 87,1%, yang tergolong dalam kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080199 Artificial Intelligence and Image Processing not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Umi Sakdiyah |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 07:09 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 07:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |