Kholifatunnisa, Dewi (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENINGKATAN MORAL SISWA KELAS VIII C DI SMP NEGERI 3 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
|
Text
SKRIPSI DEWI KHOLIFATUNNISA .pdf Download (3MB) |
Abstract
Moral siswa zaman sekarang semakin banyak diuji oleh berbagai pengaruh
negatif, seperti bullying, kurang sopan santun, dan rendahnya kepatuhan terhadap
aturan sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dihadapkan pada
tantangan besar untuk tidak hanya mengajar, tetapi juga membentuk karakter dan
moral siswa agar menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam
meningkatkan moral siswa kelas VIII C di SMP Negeri 3 Rambipuji, baik sebagai
pendidik, pembimbing, maupun motivator.
Tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai pendidik dalam peningkatan moral siswa
kelas VIII C di SMP Negeri 3 Rambipuji tahun Pelajaran 2024/2025 2)
Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai
pembimbing dalam peningkatan moral siswa kelas VIII C di SMP Negeri 3
Rambipuji tahun Pelajaran 2024/2025 dan 3) Mendeskripsikan peran guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai motivator dalam meningkatkan
moral siswa kelas VIII C di SMP Negeri 3 Rambipuji tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif, data yang dikumpulkan melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan
purposive sampling. Model analisis yang digunakan yaitu model Miles and
Huberman. Langkahnya meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
(penarikan kesimpulan). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
kredibilitas data yaitu: triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru PAI di SMP Negeri 3
Rambipuji aktif menyampaikan materi yang tidak hanya teori agama, tapi juga
nilai moral yang bisa diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari. 2) Peran
Guru PAI tidak hanya mengajar di dalam kelas, Guru membimbing siswa dalam
kegiatan keagamaan seperti yasinan, tadarus, dan hadrah, serta memberikan
nasihat secara pribadi 3) Peran Guru PAI berperan sebagai penyemangat siswa,
khususnya dengan menyampaikan kisah teladan para Nabi dan sahabat yang
menginspirasi. Guru juga memberikan reward atau pujian atas perilaku baik
siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Peningkatan Moral |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Depositing User: | Ms Dewi Kholifatunnisa' |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:35 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 02:35 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
