Kamala, Najiha (2025) Pengembangan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
NAJIHA KAMALA_211101050009-1.pdf Download (11MB) |
Abstract
Najiha Kamala, 2025: Pengembangan Quiet Book Sebagai Media Pengenalan Bentuk Geometri Pada Kelompok B TK Muslimat Al- Ihsan Balung Jember.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Quiet Book, Mengenal Bentuk Geometri
Keterbatasan media pembelajaran yang hanya berupa balok kayu berbentuk persegi dan persegi panjang tanpa tampilan menarik, membuat anak kurang tertarik untuk menggunakannya. Sehingga membuat anak kesulitan dalam mengenal bentuk geometri. Kondisi ini dipengaruhi oleh keterbatasan biaya untuk pengadaan media pembelajaran dalam pengenalan bentuk geometri, oleh karena itu, diperlukan pengembangan media Quiet Book yang menarik dan sesuai dengan karateristik anak yang suka bermain sehingga dapat mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengembangan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember? 2) bagaimana kelayakan Pengembangan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember? 3) bagaimana efektivitas Pengembangan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember?
Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Mengembangkan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember. 3) Mengetahui efektivitas pengembangan Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri pada kelompok B di TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Dan untuk analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Terdapat juga para ahli validator yaitu: ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. yang menjadi subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelompok B TK Muslimat Al-Ihsan Balung Jember yang terdapat 19 anak.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa: 1) pengembangan media Quiet Book sebagai media pengenalan bentuk geometri dilakukan sesuai tahapan pada model ADDIE sehingga menghasilkan media yang baik dan layak digunakan. 2) dari hasil perhitungan rata-rata ketiga validator yang dilakukan mendapatkan nilai presentase 93% denagn kategori sangat layak. 3) untuk efektivitas media pembelajaran melihat dari hasil kegiatan pretest dan posttest, dimana pada pretest mendapatkan hasil 71% dengan kategori cukup layak dan mengalami peningkatan pada posttest mendapatkan hasil 97% dengan kategori sangat layak. Maka presentase peningkatan kemampuan anak dari pretest dan posttest yaitu sebanyak 26% sehingga media Quiet Book dikatakan sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Media Quiet Book, Mengenal Bentuk Geometri |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Depositing User: | Najiha Kamala |
| Date Deposited: | 06 Jul 2025 07:31 |
| Last Modified: | 06 Jul 2025 07:31 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
