Ambar Wati, Ambar Wati (2025) Optimalisasi Marketing Dalam Mengatasi Penurunan Nasabah Yang Terjadi Pada PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Lidya yuli ambar wati.pdf Download (7MB) |
Abstract
Lidya Yuli Ambar Wati, 2025: Optimalisasi Marketing Dalam Mengatasi Penurunan Nasabah Yang
Terjadi Pada PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Optimalisasi, Pemasaran (Marketing), Penurunan Nasabah
PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo melakukan berbagai macam strategi dalam
mengoptimalkan pemasaran produk atau jasa yang telah diterapkan untuk menarik calon nasabah agar
tidak terjadi permasalahan dalam penurunan nasabah yang terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.
Penelitian ini difokuskan pada tiga hal yaitu: 1). Bagaimana strategi optimalisasi marketing yang
dapat dilakukan oleh PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo di Kecamatan Silo, Kabupaten
Jember untuk mengatasi penurunan jumlah nasabah? 2). Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan
penurunan jumlah nasabah pada PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo di Kecamatan Silo,
Kabupaten Jember? 3). Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat optimalisasi
marketing dalam mengatasi penurunan nasabah pada PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo
di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk merumuskan strategi optimalisasi marketing yang dapat
dilakukan oleh PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo di Kecamatan Silo, Kabupaten
Jember. 2). Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan penurunan jumlah nasabah pada
PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. 3). Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat optimalisasi marketing dalam mengatasi
penurunan nasabah pada PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo di Kecamatan Silo,
Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Karena
penelitian ini berupaya untuk menguraikan atau memaparkan situasi kejadian yang diteliti.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjjukan bahwa: 1). PT LKM BKD Berkah Cabang Desa
Karangharjo dapat mengatasi penurunan nasabah dengan berfokus pada pemahaman target pasar,
peningkatan pengalaman pelanggan, dan inovasi produk/layanan. Meskipun kekuatan produk dan
rekomendasi dari nasabah menjadi keunggulan, perusahaan perlu segera mengadopsi pemasaran digital
untuk memperluas jangkauan dan menyediakan layanan online. Penting juga untuk menjaga kualitas
layanan karyawan dan menyelesaikan masalah internal guna membangun loyalitas nasabah jangka
panjang. 2). Penurunan nasabah di PT LKM BKD Berkah Cabang Desa Karangharjo disebabkan oleh
masalah internal terkait perilaku mantan karyawan yang merusak kepercayaan, ditambah persaingan
ketat dan strategi pemasaran yang kurang optimal karena absennya staf khusus. Data penurunan nasabah
dari 2019-2023 menegaskan urgensi pemulihan kepercayaan, peningkatan kualitas layanan, dan
penguatan pemasaran proaktif untuk menarik dan mempertahankan nasabah. 3). PT LKM BKD Berkah
Cabang Desa Karangharjo diuntungkan oleh produk yang diminati dan rekomendasi nasabah yang puas.
Namun, penurunan nasabah terjadi akibat keterbatasan digital marketing dan isu layanan internal. Untuk
kembali tumbuh, mereka perlu mengadopsi platform digital dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lidya Yuli Ambar Wati |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 08:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 08:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |