Faisah, Siti Nur (2025) Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Jum’at Beramal Pada Kelompok A Di Tk Muslimat Nu 43 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSTIAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI SITI NUR FAISAH watermark.pdf Download (1MB) |
Abstract
Siti Nur Faisah, 2025: Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Jum’at Beramal Pada Kelompok A Di TK Muslimat NU 43 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember
Kata Kunci: Peran Guru dan Kepedulian Sosial
Guru mempunyai banyak sekali peranan yang harus dilakukannya dalam proses pembelajaran dengan peserta didik. Memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan, guru harus bisa membuat peserta didik mau untuk belajar. Peran guru adalah segala bentuk ikut sertaan guru dalam mengajar dan mendidik anak murid untuk tercapainya tujuan belajar. Maka dari itu guru harus mampu memerankan perannya dengan baik karena akan mempengaruhi perkembangan dan masa depan anak. Melalui kegiatan jum’at beramal yang rutin dilaksanakan setiap minggu di lembaga TK Muslimat NU 43 Wuluhan Jember, guru merealisasikan perannya yaitu sebagai pengajar, pembimbing dan pelatih bagi peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at beramal pada kelompok A di TK Muslimat NU 43 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at beramal pada kelompok A di TK Muslimat NU 43 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. 3) Bagaimana peran guru sebagai pelatih dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at beramal pada kelompok A di TK Muslimat NU 43 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaksi Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan sikap kepedulian sosial melalui kegiatan Jum’at Beramal meliputi tiga peran utama.
1) Peran guru sebagai pengajar, yaitu memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya berbagi dan menolong sesama yang dikaitkan dengan nilai-nilai keagamaan dan sosial. 2) Peran guru sebagai pembimbing, yaitu mendampingi anak dalam proses pelaksanaan kegiatan Jum’at Beramal, memberikan arahan teknis serta dukungan emosional dan spiritual kepada anak. 3) Peran guru sebagai pelatih, yaitu membiasakan anak untuk berbagi secara rutin melalui contoh nyata, latihan, dan penguatan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mis Siti Nur Faisah |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 09:14 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 09:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |