Fajrin, Filantika (2025) Penerapan metode Mind Mapping Dalam Melatih Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A di SMP AL-HASAN 01 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
Filantika Fajrin T20181433_ (2).pdf Download (3MB) |
Abstract
Filantika Fajrin, 2025, Penerapan metode Mind Mapping Dalam Melatih Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII A di SMP AL-HASAN 01 Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Daya Ingat, Fiqih
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa kelas VII di SMP Al-Hasan 01 Jember mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi fiqih, oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam memahami materi fiqih.
Metode pembelajaran yang sesuai dengan materi fiqih yaitu metode mind mapping. Mind mapping merupakan metode yang dikembangkan oleh Tony Buzan sebagai penanganan atau solusi yang menekankan pentingnya penggunaan visualisasi untuk meningkatkan daya ingat dan memahami konsep-konsep pembelajaran. Pembelajaran fiqih ini sangat menekankan akan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini menjawab fokus penelitian yaitu, (1) Untuk mengetahui perencanaan metode mind mapping dalam Melatih daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP AL-Hasan 01Jember. (2) Untuk mengetahui implementasi metode mind mapping dalam melatih daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di AL-Hasan 01 Jember . (3) Untuk mengetahui evaluasi metode mind mapping dalam melatih daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP AL-Hasan 01 Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara, dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa (1) Pada rencana pembelajaran yaitu membuat RPP serta menyiapkan media alat pembuatan mind mapping. (2) Pada tahap implementasi mind mapping di awali guru memberikan salam kemudian guru memotivasi peserta didik, mengingatkan materi pelajaran sebelumnya dan yang akan dipelajari. Kegiatan inti berisi tentang penyampaian materi dengan metode mind mapping yang dibahas dalam kegiatan 5M. Kegiatan penutup dengan cara guru merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, kemudian guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas, guru memberi penguatan dan motivasi kepada peserta didik kemudian dilanjutkan berdo’a dan salam. (3) Pada tahap Evaluasi metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran fiqih dalam kurikulum 2013 di SMP AL-Hasan 01 Jember terdapat 3 aspek yang dinilai, yaitu: penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Filantika Fajrin |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:42 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 03:42 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
