Hikmah, Rofiatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran 3D Adventure Ruang Angkasa Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Karangsono Kecamatan Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Rofiatul Hikmah.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kebutuhan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung
pemahaman belajar peserta didik di sekolah sangatlah penting. Berdasarkan
observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa proses
pembelajaran di kelas VI terkendala oleh terbatasnya media pembelajaran yang
digunakan oleh guru, yang hanya mengandalkan buku dan papan tulis. Hal ini
mengakibatkan peserta didik merasa bosan, mengantuk, dan kesulitan
memahami materi IPAS, khususnya pada materi sistem tata surya. Oleh karena
itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif untuk
meningkatkan pemahaman peserta didik.
Fokus dalam penelitian ini yaitu; 1)Bagaimana proses pengembangan
media pembelajaran 3D Adventure ruang angkasa pada materi sistem tata surya
kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Karangsono,Jember?; 2)
Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran 3D Adventure ruang
angkasa pada materi sistem tata surya kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Ulum 01 Karangsono, Jember?; 3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran
3D Adventure ruang angkasa pada materi sistem tata surya kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Karangsono, Jember?
Tujuan penelitian: 1 )Untuk mendeskripsikan proses pengembangan
media pembelajaran 3D Adventure ruang angkasa pada materi sistem tata surya
kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Karangsono, Jember. 2) Untuk
mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran 3D Adventure ruang angkasa
pada materi sistem tata surya kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01
Karangsono, Jember 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran
3D Adventure ruang angkasa pada materi sistem tata surya kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Ulum 01 Karangsono, Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pengembangan media 3D
Adventure ruang angkasa menggunakan model ADDIE. pertama analisis, pada
tahap ini terdiri dari dua langkah yaitu analisis kebutuhan dan juga analisis
materi. Ke dua Design, yang teridiri dari tiga tahapan yaitu menetukan materi,
menyesuaikan materi dengan media dan menyusun kerangka media. Ke tiga
Development pada tahap ini dilakukan pembuatan produk kedalam bentuk nyata,
validasi produk yang dilakukan oleh 3 validator dan revisi. Ke empat Implementation pada tahap implementasi dilakukan dengan dua kali uji coba
yaitu pre-test dan post-test. Dan ke lima Evaluation evaluasi dilakukan untuk
memberikan umpan balik kepada pengguna produk desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. 2) Hasil kelayakan media pembelajaran ini
dilakukan kepada beberapa ahli yaitu ahli media 94%, ahli materi 90% dan ahli
pembelajaran 98%, dan dari akumulasi ketiga ahli tersebut memperoleh kategori
sangat layak. 3) Hasil dari analisis keefektifan peserta didik melalui pre-test dan
post-test sebesar 79% dengan menggunakan analisis N-Gain Score yang
tergolong dalam kategori efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Rofiatul Hikmah |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:49 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |