PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA SMPLB KELAS IX SEKOLAH SLB ABC BALUNG

Nasihah, Fadilatul (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA SMPLB KELAS IX SEKOLAH SLB ABC BALUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FADILATUL NASIHAH WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Flashcard, kemampuan membaca, tunagrahita.
Kegiatan Pendidikan dapat dilakukan dengan mengoptimalkan semua penunjang yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk memaksimalkan hasil dari proses pembelajaran itu sendiri. Optimalisasi tersebut bukan hanya dalam pemanfaatan tenaga pendidik yang handal akan tetapi juga kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung, seperti media pembelajaran. Media yang tepat akan menjadikan suasana dalam kelas akan terasa menyenangkan dan cenderung akan meningkatkan minat siswa terhadap materi yang disampaikan. Salah satu media yang menarik adalah flashcard. Penggunaan media flashcard dapat menjadi pilihan untuk anak usia dini ataupun anak berkebutuhan khusus, sebab keduanya memiliki karakter yang mudah bosan dengan proses pembelajaran yang monoton. Dengan hadirnya media flashcard akan terjadi proses pembelajaran yang interaktif dan menarik dengan memperlihatkan gambar bentuk dari huruf ataupun gambar objek yang sesuai dengan huruf yang ditunjukkan.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini ialah apakah terdapat pengaruh penggunaan media kartu gambar (flashcard) terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita SMPLB Kelas IX SLB ABC Balung. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media kartu gambar (flashcard) terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita di SMPLB Kelas IX SLB ABC Balung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design dengan rancangan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan checklist. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas dan reliabelitas dan untuk analisis hipotesis menggunakan uji paired sample t test.
Hasil analisis kuantitatif penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu gambar (flashcard) terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita SMPLB Kelas IX SLB ABC Balung. Berdasarkan analisis data menggunakan pengujian paired sample t-test diperoleh hasil sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan nilai signifikan atau nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga diperoleh hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari penggunaan media flashcard terhadap kemampuan membaca pada anak tunagrahita di SMPLB Kelas IX SLB ABC Balung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Fadilatul Nasihah
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:18
Last Modified: 07 Jul 2025 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/47255

Actions (login required)

View Item View Item