Analisis sistem sertifikasi guru dalam problematika kekinian

Fauzi, Imron (2016) Analisis sistem sertifikasi guru dalam problematika kekinian. Jurnal TARBIYATUNA, 9 (1). pp. 69-88. ISSN p-ISSN 2085-0539, e-ISSN 2242-4579

[img] Text
JURNAL Analisis Sistem Sertifikasi Guru.pdf - Published Version

Download (406kB)

Abstract

Keberhasilan pembaharuan sekolah sangat ditentukan oleh gurunya, karena guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator dan sekaligus merupakan pusat inisiatif pembelajaran. Hal ini membuat guru layak mendapatkan reward. Salah satu reward yang diberikan oleh Negara terhadap guru adalah dengan sistem sertifikasi. Implikasi dari kepemilikan sertifikasi pendidikan, guru akan mendapatkan penghasilan di atas kebutuhan standar. Di sisi lain guru juga dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas output peserta didik. Di sinilah kesenjangan muncul. Dari berbagai riset menunjukkan sistem sertifikasi banyak menemui problematikanya. Karenanya tulisan ini membuat analisis problem serta pemecahan masalahnya sebagai bagian dari kegelisahan akademik. Solusinya antara lain dengan meningkat kualitas pendidikan tenaga pendidik, optimalisasi LPTK, pembuatan laporan kinerja guru, pelatihan pemanfaatan IT, validitas data pendidik dan membuat matrikulasi bagi tenaga pendidik yang tidak mempunyai latar belakang pendidikan.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Guru, Problematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imron Fauzi
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:15
Last Modified: 11 Sep 2019 05:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item